Bagikan:

Percepat Pengusutan Kasus Karhutla, 70 Penyidik Tambahan Diturunkan

Tambahan 70 orang penyidik tersebut dipinjam dari kepolisian daerah yang tidak terkena bencana asap.

BERITA | NASIONAL

Jumat, 25 Sep 2015 18:28 WIB

Percepat Pengusutan Kasus Karhutla, 70 Penyidik Tambahan Diturunkan

Ilustrasi. Pantauan hotspot oleh satelit NOAA. Foto: Kemendagri.go.id

KBR, Jakarta– Kepolisian Indonesia menurunkan 70 orang penyidik ke Sumatera dan Kalimantan untuk mempercepat pengusutan kasus pembakaran hutan dan lahan. Juru Bicara Mabes Polri Agus Rianto mengatakan, penyidik tersebut dipinjam dari kepolisian daerah yang tidak terkena bencana asap.

"BKO (Bawah Kendali Operasi) untuk penegakan hukum dalam hal ini penyidik, kita ada 70 personel, baik dari Mabes Polri maupun beberapa Polda yang tidak terkena musibah (asap). Dari Polda Jawa maupun Polda Bali sudah kita kirimkan ke daerah tersebut untuk mem­backup penuntasan dan percepatan penanganan,” kata Agus di depan Kantor Bareskrim Polri, Jumat (25/9/2015).

Agus menambahkan, kepolisian juga menurunkan lebih dari 670 personel untuk penanggulanan pemadaman hutan dan lahan. Hingga kini kepolisian sudah menetapkan 201 tersangka pembakar hutan. Sembilan di antaranya adalah perusahaan. Sebelumnya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyatakan ada 29 perusahaan yang diduga terlibat dalam pembakaran hutan dan lahan. Kementeriannya menyatakan sudah menurunkan 183 orang ke lapangan untuk memverifikasi perusahaan yang diduga membakar hutan. 

Editor: Damar Fery

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Jalan Berliku Warga Ibu Kota Dapatkan Udara Bersih