Pemerintah: Fungsi Koperasi Akan Dijadikan Mitra Utama UMKM

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan nantinya fungsi koperasi akan dibuat menjadi mitra utama usaha mikro kecil (UMKM) sehingga bisa menopang permodalan UKM.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 10 Sep 2015 01:11 WIB

Author

Aisyah Khairunnisa

Pemerintah: Fungsi Koperasi Akan Dijadikan Mitra Utama UMKM

Ilustrasi. Kegiatan UMKM. (Foto: Istimewa)

KBR, Jakarta - Salah satu tujuan pemerintah mengeluarkan kebijakan stimulus ekonomi adalah untuk memperkuat usaha kecil dan menengah.

Diantara jabaran paket kebijakan ekonomi yang diluncurkan pemerintah adalah penguatan koperasi.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan nantinya fungsi koperasi akan dibuat menjadi mitra utama usaha mikro kecil (UMKM) sehingga bisa menopang permodalan UKM.

Darmin mengatakan kebijakan stimulus itu ditujukan untuk mendorong industri dalam negeri terutama industri kecil dan menengah.

Selain itu, kebijakan ini juga akan mendorong ekonomi kreatif dan mampu bersaing di pasar lokal, nasional dan global.

"Koperasi tidak lagi rancu fungsinya antara fungsi ekonomi dan sosial. Tapi berubah dengan kuatnya fungsi ekonomi koperasi menjadi mitra utama usaha mikro, kecil dan menengah di daerah," kata Darmin Nasution di Jakarta, Rabu (9/9).

Penguatan koperasi adalah dengan meningkatkan kemampuan permodalan dan keuangan. Dengan begitu koperasi bisa mengembangkan usahanya menjadi sumber pembiayaan masyarakat.

"Misalnya menjadi trading house dalam mendukung usaha mikro, kecil dan menengah untuk memproduksi barang-barang kebutuhan masyarakat, industri dan ekspor. Termasuk menciptakan produk-produk ekonomi kreatif yang mampu bersaing di pasar lokal, nasional maupun global," kata Darmin Nasution.

Pengamat ekonomi LIPI Agus Eko Nugroho menilai kebijakan ekonomi yang diluncurkan Jokowi harus memberikan jaminan pengamanan kepada masyarakat kecil, termasuk juga keberlangsungan jenis usaha kecil dan menengah yang rentan terdampak.

Kata dia, stimulus untuk usaha kecil dan menengah menjadi bisa memberikan kekuatan ekonomi di dalam negeri.

Editor: Agus Luqman 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pilkada Serentak Diwarnai Calon Tunggal