Buka Akses pasar, Jokowi Kunjungi Timur Tengah

Hari ini presiden berangkat kunjungan kenegaraan ke tiga negara di timur tengah.

BERITA | NASIONAL

Jumat, 11 Sep 2015 14:13 WIB

Author

Aisyah Khairunnisa

Buka Akses pasar, Jokowi Kunjungi Timur Tengah

Ilustrasi: Presiden Joko WIdodo saat kunjungan kenegaraan (Foto: KBR: Aisyah K.)

KBR, Jakarta – Presiden Joko Widodo akan mengunjungi tiga negara di kawasan Timur Tengah, yaitu Arab Saudi, Persaturan Emirat Arab (PEA) dan Qatar. Kunjungan kenegaraan itu akan dilakukan mulai hari ini hingga Selasa esok. Presiden menyebut kunjungan   ini bertujuan mempererat hubungan bilateral Indonesia dengan negara-negara Timur Tengah, terutama di bidang kerjasama ekonomi, ketahanan energi, perlindungan WNI, dan industri strategis.

“Sebagai mitra penting di kawasan untuk kerja sama ekonomi khususnya perdagangan dan investasi, kunjungan kita ini diharapkan dapat membuka akses pasar bagi produk Indonesia di pasar Timur Tengah. Dan kunjungan ini kita harapkan dapat mendatangkan investasi, mendatangkan investor dari ketiga negara tersebut untuk melakukan investasi langsung. Baik di bidang infrastruktur, di sektor ekonomi dan juga arus uang untuk investasi portofolio ke Indonesia,” kata Jokowi sebelum lepas landas di Bandara Halim Perdanakusuma, Jumat (11/9/2015)

Jokowi menambahkan, dalam kunjungan ia akan bertemu dengan Raja Salman bin Abdulazis di Jeddah, Arab Saudi. Dilanjutkan dengan Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, Putra Mahkota PEA, di Abu Dhabi dan terakhir dengan Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani, Emir Negara Qatar di Doha.


Menurut data dari Tim Komunikasi Presiden, Arab Saudi adalah mitra dagang terbesar RI di kawasan Timur Tengah. Sementara PEA merupakan tujuan utama ekspor Indonesia ke Timur Tengah. Sedangkan Qatar adalah penyumbang investasi terbesar, termasuk investasi portofolio, dari Negara Timur Tengah ke Indonesia secara kumulatif.? 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11