Kantor Majelis Rakyat Papua Dibakar Massa

Selain membakar Kantor MRP di Kotaraja, Distrik Abepura, massa juga membakar Grapari Telkomsel di Jalan Koti, Kota Jayapura.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 29 Agus 2019 19:41 WIB

Author

Arjuna Pademme

Kantor Majelis Rakyat Papua Dibakar Massa

Aksi demonstrasi di Jayapura. (Foto: Agus Pabika/JUBI)

KBR, Jayapura- Kantor Majelis Rakyat Papua (MRP) yang terletak di Kotaraja, Kota Jayapura dibakar massa yang menggelar demonstrasi mengecam ujaran rasis, hari ini. Juru bicara Kodam XVII/Cenderawasih, Eko Daryanto membenarkan adanya pembakaran di Kantor MRP. 

"Ada informasi gitu di lapangan. Mereka ada sedikit anarkis. Main lempar-lempar, apa itu sepanjangan jalan itu," kata Letnan Kolonel CPL Eko Daryanto.

Selain membakar kantor MRP, massa yang berjalan kaki sejauh 20 kilometer dari Abepura menuju Kantor Gubernur Papua juga melempari sejumlah bangunan di sepanjangan jalan dengan batu. Eko Daryanto mengatakan, sebanyak 400 personil TNI diturunkan untuk mengamankan aksi di lapangan. Mereka tersebar di sejumlah titik di Jayapura. 

Baca juga: Rusuh Deiyai Papua, Saksi: Dipicu Warga Tertabrak  

Sementara itu, akibat aksi ini akses jalan menuju Abepura ditutup. Ini karena ratusan demonstran melakukan aksi berjalan kaki menuju kantor Gubernur Papua. Sejumlah warga yang akan melintas mengaku diminta kembali ke Sentani. 

"Saya akan ke arah Abepura tapi karena akses jalan ditutup, sehingga saya kembali ke ke Sentani," kata salah satu warga Kabupaten Jayapura, Herman Satian. 

Tak hanya itu, Sejak Kamis sore (29/8/2019), warga Kota Jayapura sulit berkomunikasi lewat telepon seluler. Sulitnya akses komunikasi di Kota Jayapura terjadi pasca-pembakaran Kantor Majelis Rakyat Papua atau MRP oleh demonstran.

Salah satu warga Perumnas III, Kelurahan Yabansai, Distrik Heram, Kota Jayapura, Maria Linggar mengatakan, sejak pukul 16.00 WIT, ia kesulitan berkomunikasi via telepon seluler dengan kerabat dan teman-temannya yang berada di sejumlah wilayah di Kota Jayapura.

"Saya menghubungi keluarga di Dok V yang kabarnya di depan rumahnya sedang dibakar tapi tidak bisa. Mungkin karena jaringan sekarang sedang diacak atau apa. Tetapi sampai sekarang sayang tidak bisa terhubung," kata Maria Linggar, Kamis petang (29/8/2019). 

Menurutnya, selain sulit berkomunikasi melalui telepon seluler, ia juga kesulitan mengirim pesan singkat kepada para kerabatnya. 

Dari informasi yang dihimpun KBR, selain membakar Kantor MRP di Kotaraja, Distrik Abepura, massa juga membakar Grapari Telkomsel di Jalan Koti, Kota Jayapura.

Editor: Friska Kalia

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Saga Akhir Pekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18