Bagikan:

Hari Ini, BMKG Catat 300an Titik Api di Kalimantan

Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada sekitar 340 titik api di daerah Kalimantan dan 7 titik api di Sumatera pada hari ini (Sabtu, 8/8/2015).

BERITA | NASIONAL

Sabtu, 08 Agus 2015 17:59 WIB

Author

Zay Nova

Hari Ini, BMKG Catat 300an Titik Api di Kalimantan

Kebakaran hutan. (Foto: Antara)

KBR,Jakarta - Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada sekitar 340 titik api di daerah Kalimantan dan 7 titik api di Sumatera pada hari ini (Sabtu, 8/8/2015). Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Mulyono Hadi Prabowo mengatakan jumlah titik api di Sumatera turun karena daerah tersebut sempat diguyur hujan kemarin. Sementara itu, titik api paling banyak berada di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

"Yang saat ini ada itu di Sumatera, kebetulan untuk hari ini hotspotnya agak berkurang hanya tercatat ada 7 hotspot tadi pagi (Sabtu, 08/08/2015). Di Riau ada dua, Bangka-Belitung ada empat, kepulauan riau ada satu. Di Kalimantan memang banyak, tercatat ada 340an titik yang tersebar di seluruh kalimantan," papar Mulyono Hadi Prabowo pada KBR.

Terkait perkembangan jumlah titik panas ini, Mulyono Hadi Prabowo mengatakan hal tersebut akan berubah sesuai dengan kondisi cuaca harian. Sebelumnya Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat hampir 90 persen kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia selama ini adalah akibat aktivitas pembukaan lahan baru yang dilakukan oleh warga setempat.

Editor: Erric Permana

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Pengungsi dan Persoalan Regulasi di Indonesia