Bagikan:

Jelang Wukuf, Seluruh Jemaah Haji Indonesia Sudah Siap di Arab Saudi

Saat ini sebagian besar jemaah haji Indonesia berkonsentrasi di Masjidil Haram, Makkah untuk melaksanakan umrah wajib maupun sunnah, serta ibadah-ibadah sunnah lainnya.

NASIONAL

Senin, 04 Jul 2022 23:46 WIB

Jemaah haji

Jemaah haji berdoa di Bukit Al-Noor, Makkah, Senin (4/7/2022). (Foto: ANTARA/Reuters/Mohammed Salem)

KBR, Semarang - Menjelang puncak ibadah haji tahun 2022, seluruh rombongan jemaah haji asal Indonesia telah berada di Arab Saudi.

Pelaksana harian Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama, Wawan Djunaedi mengatakan pelaksanaan wukuf di Padang Arafah akan jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah 1443 H atau Jumat, 8 Juli 2022. Karena wukuf jatuh di hari Jumat, ibadah haji tahun ini disebut haji akbar.

"Ibadah haji tahun ini merupakan haji akbar, sebuah momen ibadah haji yang sangat diidam-idamkan oleh seluruh umat Islam dari seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu, menjelang puncak pelaksanaan wukuf pemerintah mengajak dan mengimbau kepada seluruh jemaah untuk benar-benar menjaga kesehatan semaksimal mungkin," kata Wawan dalam jumpa pers Penyelenggaraan Ibadah Haji 1443 H, Senin (4/7/2022).

Baca juga:

Jemaah Haji Jangan Memaksakan Diri

Wawan Djunaedi juga mengimbau agar jemaah haji Indonesia tidak memaksakan diri untuk melaksanakan ibadah yang sifatnya sunnah dengan alasan kesehatan.

Ia menambahkan saat ini sebagian besar jemaah haji Indonesia berkonsentrasi di Masjidil Haram, Makkah untuk melaksanakan umrah wajib maupun sunnah, serta ibadah-ibadah sunnah lainnya.

Oleh karena itu, pemerintah telah mengerahkan sejumlah petugas di area tawaf maupun jalur sai untuk memantau dan membantu jemaah haji yang kelelahan dan terpisah dari rombongannya.

Hingga kini, jumlah jemaah haji Indonesia yang sakit berjumlah 118 orang.

Jemaah wafat bertambah satu orang perempuan atas nama Sri Wati Tilamsari (65) asal embarkasi Surabaya, Jawa Timur, sehingga total jemaah haji Indonesia yang wafat di Arab Saudi sampai saat ini sebanyak 21 orang.

Baca juga:


Editor: Agus Luqman

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Laporan Temuan Ombudsman soal Penanganan Bencana

Most Popular / Trending