BERITA

H-4 Lebaran, Penjualan BBM Meningkat Hampir 200 Persen

"PT. Pertamina mencatat penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) selama masa mudik H-4 meningkat hampir 200 persen. "

Dian Kurniati

H-4 Lebaran, Penjualan BBM Meningkat Hampir 200 Persen
Pengisian BBM ke mobil Pertamina. Foto: www.bumn.go.id

KBR, Jakarta - PT. Pertamina mencatat penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) selama masa mudik H-4 meningkat hampir 200 persen. Juru Bicara Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, kenaikan konsumsi tertinggi terjadi pada Pertalite, disusul Pertamax. Sementara itu, penjualan Premium diperkirakan hanya di kisaran 80 persen.

"Konsumsi itu kami lihat yang paling tinggi adalah H-4 kemarin. Kami lihat kenaikan paling tinggi adalah pPertalite. Pertalite itu hampir sekitar 193 persen dari rata-rata harian yang kami salurkan. Kalau Pertalite rata-rata 7.900 kiloliter per hari, kemarin itu secara nasional kami salurkan 19.300 kiloliter per hari. Premium turun, kami hanya salurkan perkiraan kami hanya 88 persen dari normal harian rata-rata," kata Wianda kepada KBR, Senin (04/07/16).


Wianda mengatakan, kenaikan konsumsi juga terjadi pada Pertamax yang naik 188 persen. Dia menyebutkan, pada hari normal, penjualan Pertamax hanya sekitar 10 ribu kiloliter, sedangkan pada masa mudik ini penjualannya meningkat hingga 21 kiloliter. Menurut Wianda, pada masa mudik ini, kebanyakan pemudik memang menyerbu dua jenis bahan bakar itu.


Baca juga:


Cegah Kehabisan Bensin di Tol Pejagan-Brebes, Pertamina Jual BBM Kemasan

Habiskan 20 Jam di Tol Pejagan-Brebes, Pemudik Ini Ceritakan Sejumlah Penyebabnya


Sementara itu, Wianda menambahkan, penjualan Premium diperkirakan hanya sekira 88 persen dari penjualan harian rata-rata. Kata dia, pada hari biasa, penjualan Premium sebanyak 67 kiloliter, sedangkan pada H-4 lebaran kemarin, penjualannya sebanyak 77 kiloliter atau tumbuh sekitar 10 persen. Menurutnya, penggunaan Premium memang menunjukkan tren penurunan. Bahkan, tahun lalu penjualannya hanya tumbuh 80 persen.


Pada masa mudik dan balik Lebaran ini, Pertamina mengklaim stok bahan bakar aman. Pertamina sudah menyiapkan stok bahan bakar dengan ketahanan pasokan melebihi hari biasa, yakni untuk Premium selama 21 hari, solar 26 hari, kerosene 54 hari, pertamax 22 hari, Pertamax Plus 21 hari, dan Pertamina dex 83 hari.


Pertamina juga menyiapkan Pertamax dalam kemasan ukuran 1, 2 5, dan 10 liter. Pertamax kemasan itu bisa dibeli di setiap SPBU yang dilewati pemudik atau mobil pick up keliling. (qui) 

  • BBM selama mudik
  • konsumsi BBM
  • wianda pusponegoro

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!