BERITA

Walhi Riau: Pemerintah Tak Punya Nyali Tuntaskan Kebakaran Hutan Riau

"Menurut Direktur Eksekutif Walhi, Rico Kurniawan, nyali pemerintah hanya sebatas memadamkan api."

Eli Kamilah

Walhi Riau: Pemerintah Tak Punya Nyali Tuntaskan Kebakaran Hutan Riau
Ilustrasi Kebakaran Hutan Riau. Foto: Antara

KBR, Jakarta - LSM Lingkungan Walhi Riau menilai pemerintah gagal menuntaskan kebakaran hutan di Riau. Menurut Direktur Eksekutif Walhi, Rico Kurniawan, nyali pemerintah hanya sebatas memadamkan api. Padalah faktor utama penyebab kebakaran hutan adalah tata kelola sumber daya alam yang masih berantakan.

"Porsinya itu kita melihat upayanya itu hanya memadamkan api. Kita berharap pemerintah mengerti persoalan, kenapa terjadi kebakaran di hutan Riau. Persoalannya adalah salahnya tata kelola SDA terutama lahan gambut," kata Rico kepada KBR, Selasa (14/7/2015).


Sebagai info, kebakaran lahan hutan semakin meluas di Riau, meskipun Presiden Joko Widodo sudah pernah blusukan dan menginstruksikan beberapa hal ke pemerintah daerah. Salah satunya soal pembuatan kanal-kanal tradisional, penyekat air di lahan gambut.  

Berdasarkan pantauan satelit Terra dan Aqua, tercatat lebih dari 150 titik api mengepung Riau. Titik api kemudian menurun ketika kemarin sore turun hujan ringan.

Editor : Sasmito Madrim

  • kebakaran hutan
  • kabut asap Riau
  • titik api riau
  • Walhi Riau

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!