NASIONAL

Jokowi Banyak Dapat Dukungan Dari Pemilih Muda di Jakarta

"KBR, Jakarta "

Luviana

Jokowi Banyak Dapat Dukungan Dari Pemilih Muda di Jakarta
Jokowi, dukungan, capres

KBR, Jakarta – Hampir semua lembaga survei dalam quick count atau hitung cepat sementara Pilpres 9 Juli memenangkan Jokowi-Jusuf Kalla sebagai presiden dan Wakil presiden.

Quick count sementara yang memenangkan Jokowi-JK antaralain: Cyrus/ CSIS, Lingkar Survei Indonesia, Litbang Kompas, Pollmark Indonesia, Syaiful Mujani Research Center (SMRC) dan sejumlah survei lain seperti di survei Radio Republik Indonesia (RRI).

Peneliti dari Lembaga survei Cyrus, Eko Galan menyatakan bahwa kemenangan Capres dan Cawapres Jokowi-Jusuf Kalla di atas Prabowo- Hatta Rajasa menurut Quick Count yang dilakukannya karena ada lonjakan besar dari para pemilih Jokowi-JK di Jakarta. Lonjakan ini berasal dari kelas menangah di Jakarta yang selama ini Golput atau tidak memilih.

“Banyak pemilih baru artinya para pemilih yang dulu Golput, namun dalam Pilpres ini mereka memilih Jokowi sebagai presiden. Ini sebuah kejutan,” ujar Eko Galan.

Selanjutnya Eko Galan juga menyatakan bahwa dukungan terhadap Jokowi banyak diperoleh dari Jawa Tengah dan Jawa Timur dan Prabowo tetap mendapat dukungan besar dari Jawa Barat.


Editor: Luviana

  • Jokowi
  • dukungan
  • capres

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!