Bagikan:

Pelabuhan Tanjung Carat, Menhub: Jadi yang Pertama Dibangun Swasta

"Kita inisiasi, khususnya di Palembang. Kita berikan BUMD dan swasta kembangkan Pelabuhan, tanpa BUMN dan APBN,"

NASIONAL

Rabu, 08 Jun 2022 07:26 WIB

Menhub  Budi Karya Sumadi saat raker Komisi V DPR, Selasa (7/6). (DPR)

Menhub Budi Karya Sumadi saat raker Komisi V DPR, Selasa (7/6). (DPR)

KBR, Jakarta- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan pemerintah tengah membangun pelabuhan di Tanjung Carat, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, atas kerja sama pemerintah dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan pihak swasta. Pembangunan Pelabuhan New Palembang ini merupakan pelabuhan pertama di Indonesia yang dibangun oleh pihak swasta.

"Beberapa highlight dari kegiatan 2023. Satu adalah pengembangan infrastruktur konektivitas yang produktif. Kita akan menyelesaikan Makassar dan Pare-Pare. Insyaallah mulai Oktober mulai beroperasi. Pembangunan Tanjung Carat. Nah ini pelabuhan yang kita kerja sama dengan BUMD dan swasta. Karena kita tidak ada alokasi APBN di sana," kata Budi dalam Rapat Kerja Pemerintah dengan Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia (DPR RI), hari ini (07/06/22).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan Pelabuhan New Palembang di Tanjung Carat tersebut menggunakan pembiayaan kreatif. Artinya, tak ada pelibatan Anggaran Pendapatan dan belanja Negara (APBN) pada pembangunannya.

"Kita inisiasi, khususnya di Palembang. Kita berikan BUMD dan swasta kembangkan Pelabuhan, tanpa BUMN dan APBN," katanya.

Baca juga:


Menurut Budi, pembangunan Pelabuhan oleh swasta untuk pertama kalinya, menjadi momentum yang sangat penting. Sebab ini bisa menjadi percontohan bagi proyek infrastruktur transportasi lainnya. Sehingga tidak menutup kemungkinan, jika ada juga pembangunan bandara yang akan dilakukan swasta.

Walau begitu, kata dia, untuk Pelabuhan Tanjung Carat ini, PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo, BUMN di bidang jasa kepelabuhan, direncanakan akan ikut serta dalam membangun dermaga di Pelabuhan Tanjung Carat.

"Pelabuhan ini akan memiliki tiga dermaga. Dua telah dibangun swasta, satu lagi nanti Pelindo masuk," tuturnya.

 

Editor: Rony Sitanggang

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Aturan Jilbab Sekolah Negeri, Lampu Kuning Arah Pendidikan

Most Popular / Trending