NASIONAL

Kemenlu: Pelaku Pemulangan TKI Ilegal di Malaysia Kabur ke Indonesia

"KBR, Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyatakan pelaku pemulangan TKI Ilegal dengan menggunakan dua kapal tongkang telah kabur dari Malaysia ke Indonesia."

Abu Pane

Kemenlu: Pelaku Pemulangan TKI Ilegal di Malaysia Kabur ke Indonesia
TKI, malaysia, ilegal

KBR, Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyatakan pelaku pemulangan TKI Ilegal dengan menggunakan dua kapal tongkang telah kabur dari Malaysia ke Indonesia. 


Kapal Tongkang yang berangkat dari Malaysia menuju Indonesia tersebut tenggelam dan menewaskan puluhan TKI Rabu dan Kamis lalu. Menlu Marty Natalegawa mengaku sudah mengantongi identitas pembawa TKI itu. 


"Dari pihak Malaysia juga kita sudah menerima data seseorang yang menjadi pelaku atau yang mengatur pemulangan TKI ini. Orang ini telah melarikan diri, kembali ke Indonesia. Kita sekarang mencoba untuk menemukan orang yang bertanggungjawan di belakang ini semua," ujar Marty di Jakarta, Senin (23/6).


Sebelumnya kapal tongkang pertama pembawa 97 TKI Ilegal tenggelam di Perairan Sungai Hitam, Rabu lalu. Hingga saat ini, 62 TKI dinyatakan selamat, 10 meninggal, dan 25 lainnya masih hilang. 


Sedangkan kapal tongkang kedua pengangkut 27 TKI ilegal tenggelam di Perairan Sepang, Malaysia Kamis lalu. Hingga saat ini sembilan TKI dinyatakan hilang, 18 lainnya selamat. Polisi Malaysia dikabarkan sudah menangkap dua Warga Indonesia yang terlibat dalam insiden itu.


Editor: Pebriansyah Ariefana

  • TKI
  • malaysia
  • ilegal

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!