NASIONAL

Hari Ini, KBRI Sosialisasikan Pemulangan TKI Illegal Berbiaya Murah

"KBR, Jakarta- Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia mulai menyosialisasikan program pemulangan TKI tak berdokumen dengan biaya murah."

Eli Kamilah

Hari Ini, KBRI Sosialisasikan Pemulangan TKI Illegal Berbiaya Murah
tki malaysia, pemulangan tki, dokumen tki, kbri malaysia, kedubes malaysia

KBR, Jakarta- Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia mulai menyosialisasikan program pemulangan TKI tak berdokumen dengan biaya murah.

Wakil Dubes RI untuk Malaysia Hermono mengatakan, selain sosialisasi di Media Massa, pihaknya juga melakukan mediasi dengan 21 perkumpulan kedaerahan Indonesia di negeri jiran tersebut. Menurutnya, program pemulangan tersebut telah disepakati dan akan dibuka pada Selasa pekan depan. (Baca: LSM: Pemulangan TKI Murah Bukan Solusi)

"Kita punya siar di radio bernama di Malaysia, kita punya sesi siaran Indonesia. kita juga sudah ketemu dengan 21 perwakilan suku-suku di Indonesia. Kita sudah bicara dengan mereka dan menjelaskan ini kepada kelompoknya masing-masing," kata Hermono kepada KBR

Sebelumnya, Indonesia meminta pemerintah Malaysia menurunkan biaya program pemulangan bagi ribuan TKI tak berdokumen. Indonesia menilai program tersebut penting untuk menjaring lebih banyak lagi pekerja migran Indonesia agar mau dipulangkan dengan aman dan murah. Sebagai contoh, TKI tak berdokumen biasanya harus mengeluarkan biaya hingga Rp6 juta untuk biaya perjalanan. Namun, menurut pemerintah Indonesia, biaya tersebut bisa dipangkas hingga Rp 3,7 juta.

Editor: Rony Rahmatha

  • tki malaysia
  • pemulangan tki
  • dokumen tki
  • kbri malaysia
  • kedubes malaysia

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!