NASIONAL

Nudirman Protes Namanya Masuk Daftar Caleg Bermasalah ICW

"KBR68H, Jakarta - Anggota Komisi Hukum DPR Nudirman Munir menampik tudingan LSM anti-korupsi ICW yang memasukkan namanya dalam daftar calon anggota legislatif bermasalah. Data ICW itu mencatat Nurdirman sebagai salah satu anggota Komisi hukum DPR yang t"

Guruh Dwi Rianto

Nudirman Protes Namanya Masuk Daftar Caleg Bermasalah ICW
DPR, Golkar, DCS, Pemilu 2014, ICW

KBR68H, Jakarta - Anggota Komisi Hukum DPR Nudirman Munir menampik tudingan LSM anti-korupsi ICW yang memasukkan namanya dalam daftar calon anggota legislatif bermasalah.

Data ICW itu mencatat Nurdirman sebagai salah satu anggota Komisi hukum DPR yang tidak pro pemberantasan korupsi. Nudirman mengatakan tudingan ICW itu tidak berdasarkan barang bukti dan fakta jelas.

"Boleh-boleh saja mereka membuat berita bohong atau tidak benar. Masyarakat kan tahu bagaimana saya, Nudirman Munir selama ini konsekuen memberantas korupsi. Bagusnya harus dengan bukti-bukti awal yang jelas bahwa seseorang sudah melakukan tindak pidana korupsi. Sekarang kan tidak, baru dipanggil saja oleh KPK sebagai saksi kita sudah langsung memvonis ia melakukan tindak pidana korupsi," kata anggota DPR Nudirman Munir.

Sebelumnya, LSM anti-korupsi ICW melansir 36 nama anggota DPR yang tidak mendukung pemberantasan korupsi. Malah, 10 diantaranya dari anggota Komisi Hukum DPR. Diantaranya dari Fraksi Golkar adalah Bambang Soesatyo, Aziz Syamsuddin, Nudirman Munir, dan Setya Novanto. Sementara dari fraksi PKS ada Nasir Djamil dan Adang Daradjatun.

Partai-partai itu kembali memasukkan nama mereka sebagai calon anggota legislatif Pemilu 2014.

ICW menyebutkan, 36 nama caleg itu ada yang pernah disebut dalam sejumlah persidangan dan menerima sejumlah uang. Ada juga bekas terpidana kasus korupsi yang ingin membubarkan lembaga khusus, seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Peneliti ICW Donal Fariz mengatakan komitmen para nama caleg itu diragukan dalam mendukung pemberantasan korupsi di Indonesia.


Editor: Agus Luqman

  • DPR
  • Golkar
  • DCS
  • Pemilu 2014
  • ICW

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!