NASIONAL

Jaga Harga Pangan, Pemerintah Gandeng Kadin

"KBR68H, Jakarta - Kamar Dagang Industri (Kadin) bersama pemerintah sepakat menjaga stabilitas harga kebutuhan pangan jelang puasa dan lebaran."

Abu Pane

Jaga Harga Pangan, Pemerintah Gandeng Kadin
harga pangan, bappenas, KADIN, armida alisjahbana

KBR68H, Jakarta - Kamar Dagang Industri (Kadin) bersama pemerintah sepakat menjaga stabilitas harga kebutuhan pangan jelang puasa dan lebaran. Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Armida Alisjahbana mengatakan, pemerintah bersama Kadin juga bakal bekerja sama mencegah aksi spekulasi pengusaha yang bisa membuat harga pangan naik saat puasa nanti. Beberapa jenis komoditas yang dijaga pemerintah dari aksi spekulan antara lain beras, minyak goreng, terigu, dan jagung.

"Pak Menko ini kan mengkoordinasi rapat konsultasi dengan pimpinan Kadin dengan jajarannya. Untuk pangan komoditi pangan strategis, terkait dengan kecukupan dan suplay. Mereka juga menyampaikan data produksi dan sebagainya untuk antisipasi puasa dan lebaran,"ujar Armida di Jakarta, Rabu (12/6).

Menteri Bappenas Armida S Alisjahbana menambahkan, kesepakatan menjaga harga bahan pangan puasa dan lebaran diambil usai dia menggelar rapat tertutup bersama Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Pertanian Suswono, dan jajaran Kadin.

Sebelumnya menurut Armida, pemerintah pemperkirakan tahun ini harga komoditas pangan akan naik hingga 12 persen. Agar tak melonjak lebih dari yang diperkirakan, pemerintah akan menjaga inflasi yang kini mencapai 7,2 persen.

Editor: Doddy Rosadi

  • harga pangan
  • bappenas
  • KADIN
  • armida alisjahbana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!