Tahun Depan, Identifikasi 17 Ribu Pulau Selesai

Sebelumnya, pemerintah mengaku telah menyelesaikan identifikasi 13.466 pulau-pulau kecil yang tersebar di seluruh Indonesia

BERITA , NASIONAL

Rabu, 11 Mei 2016 09:19 WIB

Author

Adhar Muttaqin

Tahun Depan, Identifikasi 17 Ribu Pulau Selesai

Pesisir pantai Pulau Siladen, Bunaken, Sulawesi Utara, Sabtu (7/5). Foto: Antara

KBR, Trenggalek- Pemerintah menargetkan selesaikan identifikasi 17.504 pulau-pulau kecil yang tersebar di seluruh Indonesia pada tahun depan. Kepala Pusat Pemetaan Kelautan dan Pemetaan Pantai, Muhtadi Ganda S mengatakan, identifikasi ini dilakukan bersama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG), Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kelutan dan Perikanan (KKP).

Beberapa hal yang akan jadi perhatian dalam identifikasi pulau yaitu nama pulau dan penentuan koordinat serta pengukuran garis pantai. Seluruh pulau yang terindentifikasi nantinya akan dilaporkan ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui UNGEGN (United Nation Group Experts on Geographical Names).

"Itu memang ditergetkan 17.504 pulau itu selesai dan sudah diberi nama serta berkoordinat. Akan tetapi dengan pelaksanaannya yang masih kurang begitu banyak itu, akan kami kebut tahun 2016 an 2017 secara bersama-sama," katanya.

Muhtadi Ganda menambahkan, program penyelesaian identifikasi pulau kecil ini telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019.

Sebelumnya, pemerintah mengaku telah menyelesaikan identifikasi 13.466 pulau-pulau kecil yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini seluruhnya telah didaftarkan ke PBB.

Editor: Sasmito Madrim

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Cek Fakta: Top Five Hoax of The Week

Kabar Baru Jam 17