BERITA

Tahun Depan, Identifikasi 17 Ribu Pulau Selesai

"Sebelumnya, pemerintah mengaku telah menyelesaikan identifikasi 13.466 pulau-pulau kecil yang tersebar di seluruh Indonesia"

Adhar Muttaqin

Tahun Depan, Identifikasi 17 Ribu Pulau Selesai
Pesisir pantai Pulau Siladen, Bunaken, Sulawesi Utara, Sabtu (7/5). Foto: Antara

KBR, Trenggalek- Pemerintah menargetkan selesaikan identifikasi 17.504 pulau-pulau kecil yang tersebar di seluruh Indonesia pada tahun depan. Kepala Pusat Pemetaan Kelautan dan Pemetaan Pantai, Muhtadi Ganda S mengatakan, identifikasi ini dilakukan bersama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG), Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kelutan dan Perikanan (KKP).

Beberapa hal yang akan jadi perhatian dalam identifikasi pulau yaitu nama pulau dan penentuan koordinat serta pengukuran garis pantai. Seluruh pulau yang terindentifikasi nantinya akan dilaporkan ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui UNGEGN (United Nation Group Experts on Geographical Names).


"Itu memang ditergetkan 17.504 pulau itu selesai dan sudah diberi nama serta berkoordinat. Akan tetapi dengan pelaksanaannya yang masih kurang begitu banyak itu, akan kami kebut tahun 2016 an 2017 secara bersama-sama," katanya.


Muhtadi Ganda menambahkan, program penyelesaian identifikasi pulau kecil ini telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019.


Sebelumnya, pemerintah mengaku telah menyelesaikan identifikasi 13.466 pulau-pulau kecil yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini seluruhnya telah didaftarkan ke PBB.

Editor: Sasmito Madrim

  • pulau kecil
  • #KKP
  • PBB
  • badan informasi geospasial

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!