Angga Sasongko Dorong Sineas Produksi Film Berlatar 65

Angga Sasongko khawatir penyelesain tragedi 65 tidak selesai pada generasi sekarang.

BERITA | NASIONAL

Jumat, 06 Mei 2016 16:14 WIB

Author

Gilang Ramadhan

Angga Sasongko Dorong Sineas Produksi Film Berlatar 65

Poster film Surat dari Praha. (movie.co.id)

KBR, Jakarta- Sutradara sekaligus CEO Visinema Pictures, Angga Dwimas Sasongko, mendorong pembuat film di Indonesia untuk memproduksi film berlatar tragedi tahun 1965. Menurut produser film Surat dari Praha ini, cerita tentang tragedi 65 perlu direkam melalui berbagai saluran, salah satunya melalui film.

"Setidaknya anak saya dan generasi selanjutnya mempunyai cukup materi untuk berdiskusi lagi mengenai tragedi 65, berdiskusi tentang banyaknya pelanggaran HAM masa lalu," kata Angga di Taman Ismail Marzuki, Jumat (06/05/2016).

Angga menuturkan, saksi dan korban tragedi 65 sudah berusia sepuh dan banyak yang sudah meninggal. Ia khawatir penyelesain tragedi 65 tidak selesai pada generasi sekarang. Dengan adanya film berlatar teagedi 65, setidaknya cerita peristiwa pelanggaran HAM tersebut bisa diketahui generasi selanjutnya.

"Sehingga mereka bisa mencari cara penyelesaian tragedi 65 ini," ujar Angga yang juga sutradara film Filosopi Kopi.

Salah satu film berlatar tragedi 65 yang disutradarai Angga Dwimas Sasongko adalah film Surat dari Praha. Cerita film ini terinspirasi dari kisah para pelajar Indonesia di Praha yang tidak bisa kembali ke tanah air akibat perubahan situasi politik pada 1965/1966. 

Editor: Malika

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Menunggu Sanksi Aparatur Tak Netral di Pilkada