Inflasi Tinggi, Jokowi Minta Pemda Anggarkan Operasi Pasar Tiap Tahunnya

Banyak daerah yang masih memiliki inflasi tinggi khususnya di sektor pangan.

BERITA | NASIONAL | NASIONAL

Rabu, 27 Mei 2015 12:53 WIB

Author

Erric Permana

Inflasi Tinggi, Jokowi Minta Pemda Anggarkan Operasi Pasar Tiap Tahunnya

Ilustrasi pasar tradisional. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Presiden Jokowi meminta tiap pemerintah daerah menganggarkan dana operasi pasar per tahun untuk menekan inflasi. Ini lantaran banyak daerah yang masih memiliki inflasi tinggi, khususnya di sektor pangan. Dengan anggaran operasi pasar ini pemerintah daerah bisa menekan inflasi, sehingga inflasi nasional bisa lebih rendah.

"Tadi disampaikan Gubernur BI bahwa daerah ke depan harus menganggarkan untuk operasi pasar. Ini penting sekali, Jawa Timur menganggarkan untuk operasi pasar. Semua provinsi kabupaten kota bisa menaruh anggaran untuk operasi pasar. Sehingga cabai kalau langsung dipasok banyak dengan cabai. Sekarang yang melakukan operasi pasar hanya Bulog, tetapi kalau provinsi daerah melakukan itu inflasi bisa ditekan," ujar Jokowi di Hotel Sahid, Jakarta (27/5/2015).

Presiden Joko Widodo menambahkan inflasi nasional pada 2014 lalu mencapai 8,3 persen. Padahal negara tetangga Malaysia bisa menekan hingga di bawah 5 persen. Itu sebab, pada tahun ini dirinya menargetkan inflasi di Indonesia di angka 3-5 persen. Untuk mendukung hal tersebut juga, Jokowi berencana merombak fungsi Bulog.

"Kita ingin merombak fungsi Bulog sebagai penyangga, tidak hanya beras tetap komoditas lainnya," tambahnya.

Editor: Damar Fery Ardiyan 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Korea Utara Melarang Kedatangan Turis Mancanegara Demi Melindungi Penduduknya Dari Virus Corona