BERITA

FGII Khawatir UN SMP Bocor, Ini Sebabnya

"Federasi Guru Independen Indonesia FGII mengaku khawatir kebocoran soal kembali terulang saat pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP, besok."

Bambang Hari

Pelaksanaan UN Online Tingkat SMA. Foto: KBR/Rafik Meilana
Pelaksanaan UN Online Tingkat SMA. Foto: KBR/Rafik Meilana

KBR, Jakarta - Federasi Guru Independen Indonesia FGII mengaku khawatir kebocoran soal kembali terulang saat pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP, besok. Sekretaris Jenderal FGII Iwan Hermawan mengatakan, proses pengiriman soal ke sekolah dinilai masih memakan waktu lama. Apalagi, pengambilan soal UN tahun ini juga tidak dikawal oleh pihak independen.

"Jangan terlalu banyak jeda waktu antara pengambilan soal dengan proses ujian nasional. Di proses itu lah banyak yang khawatir. Makanya ketika penyerahan atau pengambilan soal dari rayon ke sekolah harus dikawal. Seharusnya seperti itu. Kalau tahun kemarin kan dikawal dari perguruan tinggi, kalau tahun ini sepertinya tidak," katanya ketika dihubungi KBR melalui sambungan telepon, Minggu ( 3/5/2015).

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan mengaku telah meningkatkan pengamanan di setiap provinsi, kabupaten dan sekolah-sekolah, hadapi Ujian Nasional UN tingkat SMP besok. Persiapan pelaksanaan ujian nasional telah rampung 100 persen. Seluruh soal telah didistribusikan kepada sekolah-sekolah. Untuk menghindari kebocoran, Kemendikbud memperingatkan seluruh percetakan agar lebih waspada, dan mengimbau masyarakat turut mengawasi jalannya UN. 

Editor: Malika

  • Ujian nasional
  • UN SMP
  • Kemendikbud
  • Pengamanan UN
  • UN bocor

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!