NASIONAL

BPS: Juni-Juli inflasi meningkat

"Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan pada bulan Juni-Juli terjadi peningkatan inflasi. Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo mengatakan, hal tersebut diakibatkan meningkatnya harga bahan makanan, karena memasuki waktu pu"

wiwik ermawati

BPS: Juni-Juli inflasi meningkat
badan pusat statistik, inflasi

KBR68H, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan pada bulan Juni-Juli terjadi peningkatan inflasi. Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo mengatakan, hal tersebut diakibatkan meningkatnya harga bahan makanan, karena memasuki waktu puasa dan lebaran. Menurutnya, inflasi akan menurun pada Agustus dan September.

"Kemungkinan Agustus itu inflasi kecil, karena habis lebaran harga barang-barang cenderung turun. Kemudian di September juga masih turun, September itu biasanya juga puncak panen kedua. Jadi puncak panen sekarang itu Maret-April, nah itu juga. Jadi di Agustus kecil di September bisa, September-Oktober punya peluang deflasi juga," kata Hadi di Gedung BPS.

Bulan lalu, terjadi deflasi sebesar 0,10 persen. Kepala BPS Suryamin mengatakan, deflasi terjadi akibat adanya penurunan harga bahan makanan. BPS mencatat ada 38 kota yang mengalami deflasi dan 28 kota lain mengalami inflasi.

  • badan pusat statistik
  • inflasi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!