Jokowi Pastikan PUPR Segera Bangun Rumah Warga yang Hancur

Jokowi memastikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera menjalankan instruksinya tersebut

BERITA | NASIONAL

Jumat, 09 Apr 2021 15:00 WIB

Author

Resky Novianto

Jokowi Pastikan PUPR Segera Bangun Rumah Warga yang Hancur

Presiden Joko Widodo (bawah, ketiga kiri) meninjau lokasi tanah longsor di Desa Nelelamadike, Ile Boleng, Kabupaten Flores Timur, NTT. (Aditya Pradana Putra/Ant

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo, berjanji pemerintah akan membangun kembali rumah warga yang hancur akibat bencana banjir bandang dan tanah longsor di Nusa Tenggara Timur (NTT). Jokowi memastikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera menjalankan instruksinya tersebut. Hal ini disampaikan Jokowi saat kunjungan kerja di Adonara, Kabupaten Flores Timur, NTT.

"Saya tadi sama seperti yang di Lembata, lokasi yang ada sekarang ini akan kita geser, kita pindahkan di relokasi yang nanti segera ditetapkan oleh Bupati, dan Gubernur. Tapi yang jelas, Kementerian PU siap untuk membangun rumahnya, secepat-cepat nya," kata Jokowi di Adonara, Flores Timur, NTT, Jumat (9/4/2021).

Jokowi dalam kunjungannya di Nusa Tenggara Timur juga mengingatkan, agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini dikarenakan warga pengungsi terdampak bencana, kerap berkumpul di lokasi pengungsian. Karenanya, Jokowi ingin agar masyarakat tetap aman dari potensi penularan virus korona.

Selain itu, Presiden juga memastikan segala kebutuhan pengungsi tercukupi. Ia juga memerintahkan agar proses pencarian korban hilang juga terus dilanjutkan.

"Sudah saya perintahkan agar terus dicari dan ditemukan yang masih hilang 45 orang. Untuk pengungsian juga dipastikan bahwa karena memang tidak begitu banyak yang mengungsi tapi ada memastikan untuk logistiknya sudah cukup hanya tadi ada dari masyarakat menyampaikan bahwa BBM-nya mahal, ya saya terima," ujar Jokowi.

Jokowi beserta jajaran terkait meninjau dampak kerusakan di desa yang terletak di Kabupaten Lembata tersebut. Kabupaten Lembata diketahui sebagai salah satu wilayah yang terdampak paling parah akibat banjir bandang yang terjadi beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan itu, atas nama pribadi dan mewakili pemerintah, Jokowi lantas menyampaikan belasungkawa kepada para korban bencana.

Editor: Friska Kalia

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Lambannya Pencairan Bansos di masa PPKM Darurat

Kabar Baru Jam 8

Platform Para Pekerja untuk Saling Berbagi

Kabar Baru Jam 10