BERITA

Pemerintah Siapkan Bantuan 3500 Kapal Nelayan

"Pemerintah bakal memberikan bantuan 3500 kapal kepada nelayan, tahun ini."

Hermawan Arifianto

Pemerintah Siapkan Bantuan 3500 Kapal Nelayan
Menko Maritim Rizal Ramli (kiri) bersama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (kanan) menghadiri Festivel Sego Cawuk di Taman Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: Antara)

KBR, Banyuwangi - Pemerintah bakal memberikan bantuan 3500 kapal kepada nelayan, tahun ini. Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli mengatakan, bantuan kapal yang dilengkapi teknologi canggih ini untuk memperlancar usaha nelayan menangkap ikan. Namun sebelum kapal diberikan, ia meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta LSM terlebih dulu melakukan pendampingan penggunaan kapal.

"Pemerintah sedang pesan kapal sejumlah 3500 yang akan dibagi kepada koprasi- koprasi di seluruh Indonesia. Memang kapal ini bukan kapal kayu, kebanyakan kapal fiberglass. jadi nanti KKP dan NGO atau LSM, kami minta mampu, supaya nelayan kita di trening, supaya nelayan kita mampu pakai kapal fiberglass,” kata Rizal Ramli di Banyuwangi, Sabtu (09/04/2016).

Kapal nelayan pemberian pemerintah, kata dia, dilengkapi teknologi canggih pencari ikan. Sehingga dengan alat itu, nelayan mampu mendeteksi ikan keberadaan ikan. Untuk itu, dia juga berharap, para nelayan antusias mempelajari terlebih dahulu sistem operasional kapal setelah menerima bantuan.

Pemberian kapal secara gratis ini, menurutnya, juga akan mempertimbangkan banyak kapal yang tersedia dengan luas perairan. Misalnya, lanjut Rizal, jika jumlah kapal di suatu wilayah sudah banyak sementara luas perairannya sempit maka jatah pemberian kapal akan dikurangi.

"Namun jika masih membutuhkan banyak kapal seperti di wilayah Natuna maka bantuan kapal akan diperbesar," imbuhnya. Sehingga nantinya, bantuan kapal tersebar ke seluruh Indonesia dengan jumlah yang bervariasi. Selain itu, kapasitas kapal pun bakal berbeda, mulai dari 10 Gross Ton, 20 Gross Ton dan 30 Gross Ton.


Dana pengadaan kapal ini akan dimasukkan dalam RAPBNP 2016. Untuk itu bagi nelayan yang menginkan bantuan kapal, dia mengatakan, harus segera membentuk koprasi nelayan. Sebab bantuan ini tak ditujukan untuk nelayan perseorangan, melainkan diberikan secara berkelompok.

Editor: Nurika Manan

  • menko kemaritiman Rizal Ramli
  • kapal nelayan
  • Kapal Bantuan
  • rizal ramli

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!