NASIONAL

35 Juta Anak Indonesia Tidak Punya Akta Kelahiran

"Institut Kewarganegaraan Indonesia, IKI mencatat lebih dari 35 juta anak Indonesia tidak memiliki akta kelahiran."

Pipit Permatasari

35 Juta Anak Indonesia Tidak Punya Akta Kelahiran
akta kelahiran, anak, indonesia

KBR68H, Jakarta - Institut Kewarganegaraan Indonesia, IKI mencatat lebih dari 35 juta anak Indonesia tidak memiliki akta kelahiran. Ketua Umum IKI, Slamet Effendi mengatakan, sebagian orangtua kesulitan untuk mengurus akta kelahiran karena biaya dan proses admintrasi yang panjang. Kata dia, anak usia satu tahun ke atas harus mengurus akta tersebut melalui proses persidangan.

"Sebagai akibat dari pada itu, maka kita melihat bahwa akhir-akhir ini kita mencatat ada 44,09 % anak-anak Indonesia tanpa akte kelahiran. Itu konsen kami. Karena akta itu merupakan hak dan perlindungan untuk anak Indonesia," kata Slamet Effendi di kantor IKI Jakarta.

Ketua Umum IKI, Slamet Effendi menambahkan, biaya yang harus dirogoh orang tua cukup besar apabila melalui penetapan pengadilan. Kata dia, biayanya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Sementara, anak- anak yang tidak mempunyai akta kelahiran tergolong miskin.

  • akta kelahiran
  • anak
  • indonesia

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!