NASIONAL

Satgas Pangan: Minyak Goreng Curah Kosong di Beberapa Daerah

"Kapolri bakal ikut turun ke lapangan untuk mengecek ketersediaan stok pangan di daerah."

Astri Yuanasari

Stok minyak goreng curah.
ilustrasi pedagang menunjukkan minyak goreng curah. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Stok minyak goreng masih belum merata di beberapa daerah menjelang Ramadan dan Idulfitri 2022. Bahkan di sejumlah wilayah, stok minyak goreng curah kosong. Hal itu disampaikan Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Pangan Polri Whisnu Hermawan Februanto.

Kata dia, meski kosong di beberapa daerah, stok minyak goreng secara nasional aman, begitu pula dengan stok bahan pangan lain.

"Contoh saja minyak goreng curah kok enggak ada di Bangka Belitung, minyak goreng curah kok tidak ada di Kaltara (Kalimantan Utara) ataupun di Sulut (Sulawesi Utara), ini kan bingung, karena secara data luar biasa banyak. Nah, ini perlu kita sampaikan kepada para kapolda untuk mengecek nih 11 bahan pokok ini tolong dicek," kata Whisnu dalam Focus Group Discussion Divhumas Polri, Kamis (31/3/2022).

Baca juga:

Whisnu mengatakan prediksi yang biasa terjadi menjelang Ramadan biasanya ada daerah-daerah yang kekurangan stok, ada penimbunan-penimbunan, dan pencampuran atau pengoplosan. 

Oleh karena itu, ia memerintahkan kepada kapolda dan kapolres di daerah untuk bersama-sama memantau situasi pangan di daerah masing-masing agar tidak terjadi kelangkaan. Whisnu menyebut, kapolri bakal ikut turun ke lapangan untuk mengecek ketersediaan stok pangan di daerah.

"Kalau harga mungkin bisa naik turun deh okelah, tetapi yang penting adalah ada dan tidak langka, itu yang menjadi analisis. Dan juga perintah dari pimpinan dan kita semua untuk menjaga pangan nasional," imbuhnya.

Sebelumnya, pemerintah telah mencabut kebijakan HET minyak goreng dan menggantinya dengan subsidi untuk minyak curah Rp14 ribu per liter. Untuk minyak goreng kemasan, pemerintah melepas ke harga keekonomian.

Usai penetapan kebijakan itu, stok minyak goreng kemasan mulai kembali tersedia, namun harga telah berubah. Sementara stok minyak goreng curah tidak merata di daerah.

Editor: Sindu

  • Harga Minyak Goreng
  • Minyak Goreng Curah
  • HET minyak goreng
  • Satgas Pangan Polri
  • Kemendag
  • Minyak Goreng
  • Mafia Minyak Goreng

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!