Kondisi Pasien Corona 01 dan 02 Terus Membaik

Dua pasien positif Covid-19 akan menjalani dua kali pemeriksaan laboraturium, sebelum dinyatakan sembuh total.

BERITA | NASIONAL

Jumat, 06 Mar 2020 20:39 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Kondisi Pasien Corona 01 dan 02 Terus Membaik

Ambulans terparkir di dekat ruang isolasi RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, Selasa (3/3/2020). (Foto: KBR/Lea Citra)

KBR, Jakarta - Kondisi pasien kasus 01 dan 02 Covid-19 terus membaik. Keduanya masih menjalani perawatan di ruang isolasi RSPI Prof Dr Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta.

Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril mengatakan dua pasien saat ini hanya mengalami batuk ringan.

"Dari hari ke hari sampai hari ini, alhamdulillah, pasien tidak demam, tidak panas lagi. Tidak ada sakit tenggorokan, dan juga tidak sesak napas. Cuma masih batuk-batuk kecil," papar Syahril dalam jumpa pers di RSPI Sulianti Saroso, Jumat (6/3/2020) sore.

Mohammad Syahril menjelaskan, proses penyembuhan batuk memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sebab, dalam kondisi batuk yang diserang adalah saluran pernapasan.

Namun ia memastikan batuk yang dialami pasien kasus 01 dan 02 semakin berkurang.

Dua pasien juga sudah bisa beraktivitas normal.

"Kedua pasien ini bisa berkomunikasi baik, dan juga berkomunikasi lewat HP kepada keluarga di luar. Jadi pasien ini tidak bete lah ya, dan juga (bisa) nonton televisi yang sudah kita siapkan, makanan-makanan yang kita siapkan," kata Syahril.

Tim medis RSPI Sulianti Saroso tidak memberikan antibiotik kepada pasien, hanya suplemen atau vitamin saja.

Syahril menambahkan pasien positif Covid-19 akan menjalani dua kali pemeriksaan laboraturium, sebelum dinyatakan sembuh total.

"Begitu hasilnya negatif dua-duanya dan pasiennya bagus, kita mungkin akan pindahkan ke ruangan biasa atau kita pulangkan. Tapi begitu dia positif, maka kita evaluasi tiap dua hari sekali, sampai dua kali negatif. Baru dia boleh dipulangkan," katanya.

Hingga sore ini, Pemerintah Indonesia telah menyatakan empat orang positif Covid-19. Empat orang itu diidentifikasi sebagai pasien kasus 01, 02, 03, dan 04.

Editor: Agus Luqman 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Arab Saudi Akan Gratiskan Vaksin Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Polemik TNI 'cawe-cawe' Copoti Baliho Rizieq Shihab

Kabar Baru Jam 8

Wagub DKI Ingatkan Sanksi Bagi Penolak Tes Covid-19 di Petamburan