BERITA

Presiden: Jatigede Beroperasi Januari 2017

"Jokowi sudah membangun 13 bendungan tahun lalu dan tahun ini 8 bendungan"

Damar Fery Ardiyan

Presiden: Jatigede Beroperasi Januari 2017
Warga mengevakuasi sisa genteng rumah ditengah genangan Waduk Jatigede, Desa Sukamenak, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (17/2). Foto ANTARA

KBR, Jakarta - Pengairan bendungan Jatigede diprediksi tuntas pada Januari 2017. "Sekarang sudah 40 persen ketinggian air. Kita harapkan nanti di Januari 2017 itu sudah maksimal," kata Presiden Joko Widodo saat meninjau pembangunan Bendungan Jatigede, di Kabupaten Sumedang, Kamis 17 Maret 2016.

Presiden mengatakan, masalah terbesar pembangunan bendungan ini adalah keputusan pembebasan lahan yang berlarut-larut. "Pembebasan lahan dan ganti rugi dari 10.924 KK (Kepala Keluarga), sekarang tinggal 614 KK, ini akan kita selesaikan pada tahun ini, Januari 2017 , air sudah betul-betul pada posisi maksimal," ujarnya.

Gagasan pembangunan Bendungan Jatigede pertama kali dilontarkan pada 1963. "Waduk ini sudah direncanakan tahun 60an, jadi betul-betul sudah panjang," ujar Presiden.

Bendungan yang dibangun dengan anggaran sekitar USD 467 juta ini memiliki total luas area 3035,34 hektar dan menggenangi 4 kecamatan yaitu Kecamatan Jatigede, Kecamatan Jatinunggal, Kecamatan wado, dan Kecamatan Darmaraja.?

Bendungan ini akan mengairi lahan seluas 90.000 hektar, meliputi 24 kecamatan di  Kabupaten Indramayu, Majalengka dan Cirebon.

Selain untuk pengairan, Jatigede juga bisa dijadikan sarana penyediaan air baku dengan total 3500 liter/detik, pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dengan kapasitas terpasang 110 MW dengan produksi listrik rata rata 580 GWH/Tahun dan sebagai pengendali banjir di daerah sekitar sungai Cimanuk bagian hilir seluas 14.000 Ha.

Dalam kunjungan kerja ini, Jokowi juga menyatakan sudah membangun 13 bendungan tahun lalu dan tahun ini 8. Diharapkan pada 2017-2018 sudah selesai. "Kita berharap pada produksi yang meningkat karena sawah yang diairi semakin luas dan semakin banyak," kata Presiden.

Belasan waduk/bendungan yang dibangun tahun lalu adalah Waduk Raknamo di Kupang-NTT, Waduk Pidekso di Wonogiri-Jawa Tengah, Waduk Logung di Kudus-Jawa Tengah, Waduk Lolak di Bolaang Mongondow-Sulawesi Utara, Waduk Kuereto di Aceh, Waduk Passaloreng di Wajo-Sulawesi Selatan, Waduk Tanju di Dompu-NTB, Waduk Mila di Dompu-NTB, Waduk Bintang Bano di Sumbawa Barat-NTB, Waduk Kairan di Lebak-Banten, Waduk Tapin di Tapin-Kalimantan Selatan, Waduk Rotikold di Belu-NTT dan Waduk Telagajawa di Karangasem-Bali.

Sedangkan 8 waduk/bendungan lain adalah Waduk Rukoh di Aceh, Waduk Sukoharjo di Lampung, Waduk Kuwil Kawangkoan di Sulawesi Utara, Waduk Ladongi di Sulawesi Tenggara, Waduk Ciawi di Jawa Barat, Waduk Sukamahi di Jawa Barat, Waduk Leuwikeris di Jawa Barat dan Waduk Cipanas di Jawa Barat. 

  • waduk jatigede
  • presiden joko widodo

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!