Ombudsman RI Bakal Beberkan Hasil Rekomendasinya ke Publik

"Rekomendasi itu masalah mental. Patuh atau tidak patuhnya mereka terhadap rekomendasi akan menunjukkan birokrasi kita."

BERITA , NASIONAL

Kamis, 03 Mar 2016 11:08 WIB

Author

Gabriella Ria

Ombudsman RI Bakal Beberkan Hasil Rekomendasinya ke Publik

Kantor Ombudsman RI. (Foto: Setneg)

KBR, Jakarta - Ombudsman Republik Indonesia bakal membeberkan hasil rekomendasinya yang menyangkut isu strategis kepada publik. Hal itu dilakukan untuk memberikan efek jera bagi instansi yang tak mematuhi rekomendasi lembaga tersebut.

"Rekomendasi itu masalah mental. Patuh atau tidak patuhnya mereka terhadap rekomendasi akan menunjukkan birokrasi kita. Seharusnya mereka sadar Ombudsman itu lembaga yang dibentuk Negara," ujar Ketua Ombudsman RI, Amzulian Rifai, Kamis(03/02/2016).

Amzulian Rifai menambahkan, saat ini kepatuhan instansi sangat buruk. Meski begitu, ia belum menyebutkan isu mana saja yang akan dibuka kepada publik. Ia berharap dengan membuka ke publik, kepatuhan bisa ditingkatkan. Mereka juga ingin mengembangkan budaya agar pelapor merasa punya kewajiban untuk mengawal kelanjutan kasus yang dilaporkan. 

Bulan lalu, sembilan anggota Ombudsman Republik Indonesia yang baru resmi dilantik. Saat ini, mereka memutuskan untuk fokus meningkatkan kepatuhan instansi pada rekomendasi Ombudsman.
Selama ini, banyak rekomendasi Ombudsman yang dilanggar. Semisal sengketa GKI Yasmin agar Pemerintah Kota Bogor mematuhi putusan Mahkamah Agung tidak dipatuhi.

Amzulian juga menyayangkan posisi Ombudsman yang saat ini menurutnya belum kuat. "Ada yang menganggap kami seperti macan tanpa taring," tambahnya.




Editor: Quinawaty Pasaribu

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 17

Pengelolaan Sisa Anggaran Lebih Kembali Disorot

Kabar Baru Jam 15

Bagaimana Pengaturan Sistem Zonasi? Apa Manfaatnya?

Kabar Baru Jam 14