BERITA

DPR Minta Kemensos Periksa Data Penerima Bantuan Iuran

"Kemensos minta tambahan dana PBI namun tak dikalbulkan"

Ria Apriyani

DPR Minta Kemensos Periksa Data Penerima Bantuan Iuran
Logo Kementerian Sosial

KBR, Jakarta- DPR tidak akan mengabulkan permintaan kenaikan dana Jaminan Kesehatan Nasional sebelum Kementerian Sosial memperbaiki daftar Penerima Bantuan Iuran (PBI). Kata anggota Komisi Ketenegakerjaan, Irma Suryani, daftar PBI yang diberikan Kemensos belum sesuai dengan data dari Badan Pusat Statistik. 

Irma mempertanyakan angka 94 juta jiwa yang diajukan oleh Kemensos. Menurutnya, Kemensos harus memperjelas indikator yang digunakan dalam menentukan daftar PBI. "Kalau 94 juta itu dideclare sebagai orang miskin, orang miskin yang seperti apa? Sama enggak dengan orang miskin yang dideclare oleh BPS?" katanya di sela rapat Komisi Ketenagakerjaan, Selasa(01/03/2016).

Irma mengingatkan agar pemerintah tidak main-main dalam menentukan angka kemiskinan. Data yang dipegang kementerian harus sama dengan yang dihasilkan oleh BPS. 

Sebelumnya, Kemensos meminta tambahan anggaran untuk PBI. Alasannya, PBI bertambah dari sebelumnya 86,4 juta pada 2015 menjadi 94 juta. Anggaran yang sudah ada dinilai tidak cukup memenuhi kebutuhan ini.

Tahun 2015, anggaran PBI sebesar 389 miliar tidak terserap. Kementerian Kesehatan menuding Kemensos sebagai penyebabnya. Saat itu, daftar PBI disebut-sebut sebagai faktor penyebabnya.

Editor: Dimas Rizky

  • DPR
  • PBI
  • Kemensos

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!