NASIONAL

KemenBUMN Setuju Pelindo Disuntik Dana dari APBN

"Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) setuju jika PT Pelayaran Indonesia (Pelindo) I, II, III, dan IV diberi suntikan dana APBN"

Pebriansyah Ariefana

KemenBUMN Setuju Pelindo Disuntik Dana dari APBN
pelindo, BUMN

KBR68H, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) setuju jika PT Pelayaran Indonesia (Pelindo) I, II, III, dan IV diberi suntikan dana APBN. Deputi Infrastruktur dan Logistik Kementerian BUMN Imam Aprianton mengatakan, suntikan dana ini akan membantu perkembangan pelabuhan di Indonesia. Namun jumlahnya belum tentu sesuai dengan permintaan Pelindo.

"Beberapa kali kan pak menteri sering ngomong di mana kalau satu kegiatan bisa dilakukan, sekala ekonominya cukup. Dibiayai oleh BUMN sendiri. Nah ini kan untuk membiayai pelabuhan yang secara ekonomi ini kan tidak atau kurang visibel, jadi butuh pendanaan dari APBN," katanya.

Deputi Infrastruktur dan Logistik Kementerian BUMN, Imam Aprianton menambahkan selama ini sebagian besar pelabuhan di Indonesia belum bisa disinggahi kapal pesiar besar. Kebanyakan pelabuhan digunakan untuk bongkar muat barang, bukan kapal pariwisata. Rencana pengembangan pelabuhan ini bisa mendukung Konektivitas menuju Komunitas ASEAN 2015. Sebelumnya, empat perusahaan BUMN pengelola Pelabuhan, PT Pelayaran Indonesia (Pelindo) I, II, III dan IV minta suntikan dana APBN sebanyak Rp 160 triliun. Suntikan dana itu untuk memperbaiki pelabuhan dan pembangunan baru di seluruh Indonesia.

  • pelindo
  • BUMN

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!