NASIONAL

Terpilih jadi Ketum PSSI, Erick Thohir Janji Tambah Keterwakilan Perempuan

"Wasit kenapa kita ngga coba wasit perempuan. Ada polisi perempuan, ada TNI perempuan. Kenapa wasitnya ngga bisa?"

Resky Novianto, Agus Lukman

Terpilih jadi Ketum PSSI, Erick Thohir Janji Tambah Keterwakilan Perempuan
Erick Thohir terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. (Dok PSSI)

KBR, Jakarta - Ketua Umum PSSI terpilih Erick Thohir berjanji bakal menambah porsi keterwakilan perempuan dalam dunia sepak bola. Dia meyakini, kepemimpinan perempuan bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

Rencana itu ia sampaikan berkaca dari anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang melibatkan 30 persen perempuan.

"Itu salah satu contoh (IOC) yang akan saya usulkan bahwa keterwakilan perempuan di dunia sepak bola, di manajemen sepak bola, paling tidak ya 20 sampai 25 persen, bukan hanya satu. Wasit kenapa kita nggak coba wasit perempuan. Ada polisi perempuan, ada TNI perempuan. Kenapa wasitnya nggak bisa?," ujar Erick di sela KLB PSSI di Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Baca juga:

Erick mengatakan, keterwakilan perempuan dalam dunia sepak bola tidak boleh diabaikan.

"Karena saya yakin dari pengalaman saya di tempat lain, ketika saya dorong jumlah kepemimpinan wanita itu perubahannya sangat hasilnya kelihatan," tuturnya.

"Kita coba bikin transformasi sepak bola Indonesia yang benar benar punya fondasi bukan hanya mimpi," imbuhnya.

Sebelumnya, Erick Thohir terpilih menjadi ketua umum PSSI periode 2023-2027. Dia menggantikan Mochamad Iriawan setelah meraih suara mayoritas dalam Kongres Luar Biasa PSSI atau KLB PSSI, hari ini.

Menteri BUMN itu meraih 64 suara dari total 86 suara sah. Pesaing terdekatnya, La Nyalla Mattalitti hanya memeroleh 22 suara.

"Ini bukan kemenangan saya. Tapi harus kita buktikan jadi kemenangan bersama. Yaitu membangun sepak bola bersih dan berprestasi. Waktu itu saya bilang, waktunya memperbaiki sepakbola Indonesia. Tidak perlu teori-teori," kata Erick.

Baca juga:

KLB digelar pascatragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang pada 1 Oktober tahun lalu. KLB digelar bulan ini, lebih cepat dari jadwal semula yaitu Maret, setelah PSSI mendapat arahan dari FIFA.

Editor: Wahyu S.

  • ketua umum PSSI
  • Menteri BUMN Erick Thohir
  • Tragedi Kanjuruhan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!