NASIONAL

Cek Fakta: Narasi soal TNI Tancapkan Merah Putih di Wilayah Malaysia, Benarkah?

"Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 2 - 8 Februari 2023 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @turnbackhoaxid"

Tim Cek Fakta

Cek Fakta
Cek Fakta

KBR, Jakarta- Sebuah akun Facebook mengunggah video yang diberi narasi “Kiamat malaysia telah tiba, TNI tancapkan merah putih di tanah malaysia”. Dalam video berdurasi 8 menit tersebut, terdapat cuplikan dari beberapa video. Ini menjadi salah satu konten tiga teratas cek fakta yang mendapatkan sorotan dari netizen +62. Apa saja lainnya dan bagaimana penelusurannya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 2 - 8 Februari 2023 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @turnbackhoaxid:

Video dengan Narasi TNI Gempur Markas Israel dan Pasukan AS

Sebuah akun media sosial Facebook mengunggah konten video dengan narasi TNI gempur markas Israel dan pasukan Amerika Serikat. Penggempuran ini pun diklaim sampai menyebabkan kehancuran.

Konten ini menyuguhkan potongan-potongan video dari peristiwa milter dan video serangan udara.

Baca juga:

Viral Istilah Childfree dan Bagaimana Menyikapi Pilihan Seseorang?

Jelang Pemilu 2024, Kominfo Tutup Ribuan Konten Hoaks Termasuk Streaming Radikal

Jeli Saring Toxic Positivity

Beredar Hoaks Seorang Buruh Asal Depok Mengamuk dan Dikarantina

Akun Twitter mengunggah sebuah tangkapan layar artikel rekayasa dengan judul “Mengamuk dan Mengigit 5 Rekan Kerjanya, Seorang Buruh Pabrik di Depok Terpaksa Dikarantina”.

Hoaks ini menimbulkan kehebohan di dunia maya dengan tangkapan layar suntingan, di mana ada juga foto seorang wanita yang tengah ditandu oleh petugas medis berpakaian APD lengkap.

Konten dengan Narasi Kiamat dan Penancapan Sang Merah Putih di Malaysia

Hoaks of the week yang pertama soal narasi kiamat dan tuduhan TNI tancapkan sang merah putih di wilayah Malaysia, tetangga satu rumpun kita. Dalam video berdurasi 8 menit tersebut terdapat cuplikan dari beberapa video.

Mau tau info selengkapnya soal Top Three Hoax of The Week? Yuk simak podcast Cek Fakta di link berikut ini:

  • Cek Fakta
  • hoaks
  • Top Three Hoax of The Week
  • TNI Gempur Markas Malaysia
  • Depok
  • Kiamat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!