NASIONAL

Harga Cabe-cabean Tinggi Dongkrak Inflasi Januari

"KBR68H, Jakarta - Kementerian Perdagangan mencatat terjadi penaikan harga di komodiri harga bahan pokok. Terutama penaikan pada bahan pangan cabe rawit, cabe maerah, telur dan daging ayam ras."

Khusnul Khotimah

Harga Cabe-cabean Tinggi Dongkrak Inflasi Januari
Harga cabe, inflasi, januari

KBR68H, Jakarta - Kementerian Perdagangan mencatat terjadi penaikan harga di komodiri harga bahan pokok. Terutama penaikan pada bahan pangan cabe rawit, cabe merah, telur dan daging ayam ras.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi menjelaskan kenaikan harga komoditi bahan pokok itu menjadi penyumbang terbesar kenaikan inflasi di Januari 2014 ini. Inflasi bulan ini mencapai 1,07 Persen. Badan Pusat Statistik mencatat inflasi ini yang tertinggi selama 5 tahun terakhir.

Kata Bayu, kenaikan harga itu lebih diakibatkan dari terganggungnya sistem distribusi di berbagai daerah. Ini akibat banjir yang melanda di kisaran Desember 2013 sampai Januari 2014.

“Dengan sekarang mulai reda, mudah-mudahan gangguannya sudah mulai berkurang. Gangguan genangan mungkin sudah berkurang, hanya sekarang gangguan berasal dari rusaknya jalan," jelas Bayu di Kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, Senin (3/2).

Bayu memprediksi kenaikan sejumlah harga bahan pokok ini akan berakhir di Febuari ini. "Mudah-mudahan Februari inflasinya akan lebih rendah. Tapi kalau dilihat dari time series (analisa berdasarkan waktu-red) biasanya tinggi," jelas Bayu.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • Harga cabe
  • inflasi
  • januari

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!