Jelang MotoGP, Pemerintah Gaspol Pemenuhan Kekurangan Kamar

Komandan Lapangan MotoGP Mandalika, Hadi Tjahjanto mengatakan, paling tidak dibutuhkan kamar penginapan sebanyak 63.500 unit.

NASIONAL | NUSANTARA | OLAHRAGA

Kamis, 13 Jan 2022 14:34 WIB

Pemerintah Gaspol Pemenuhan Kekurangan Kamar

Pantai Kuta Mandalika, salah satu destinasi wisata Nusa Tenggara Barat. Lokasinya sangat dekat dengan Sirkuit Mandalika. Lombok Tengah. (Foto: Fadli Gaper/KBR)

KBR, Mataram – Pulau Lombok masih kekurangan akomodasi untuk mendukung ajang balap internasional MotoGP yang akan digelar 18 – 20 Maret 2022. Sejumlah upaya terus dilakukan pemerintah untuk memenuhi kekurangan akomodasi tersebut.

Komandan Lapangan MotoGP Mandalika, Hadi Tjahjanto mengatakan, paling tidak dibutuhkan kamar penginapan sebanyak 63.500 unit. Jumlah ini sesuai dengan banyaknya tiket MotoGP yang dijual. Untuk memenuhi kebutuhan kamar sebanyak itu, pemerintah akan mendatangkan kapal pesiar, kapal milik PT Pelni dan lain sebagainya, agar kebutuhan akomodasi tadi bisa terpenuhi.

“Sedangkan dukungan-dukungan lain yang paling penting adalah akomodasi. Akomodasi di Lombok ini hanya 16 ribu kamar sehingga akan kita tambah sesuai dengan tiket yang kita jual. Karena tiket yang kita jual kurang lebih 63.500 tiket, sehingga kekurangannya itu kita cari solusi dengan cara mendatangkan kapal milik PT Pelni dari Kementerian Perhubungan,” ujar Hadi Tjahjanto pada Kamis (13/1/2022).

Baca juga:

Jokowi: Sirkuit Mandalika Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi NTB

WSBK 2021, Ekonomi NTB, dan Kontroversi KEK Mandalika

Hadi juga mengatakan, pemerintah akan mendatangkan kapal-kapal Pinisi hingga sebanyak 700 kapal. Diharapkan dengan kapal sebanyak itu akan ada tambahan sekitar 3.500 kamar, dengan estimasi satu kapal Pinisi memiliki rata-rata 5 kamar penginapan di dalamnya.

Selanjutnya, akomodasi akan dibantu oleh homestay yang dikelola oleh warga, namun dengan catatan yang sudah memiliki standar sesuai yang diharapkan. Begitu juga akomodasi pembangunan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) Khusus di kawasan Mandalika sebanyak 300 unit, dan Sarhunta yang berada di wilayah Tiga Gili (Trawangan, Meno dan Air) di Lombok Utara.

Adapun tranportasi untuk mendukung MotoGP pada Maret mendatang akan didukung oleh Kementerian Perhubungan. Para penumpang yang akan memasuki Sirkuit Mandalika dilayani dengan shuttle bus. Adapun untuk transportasi udara saat event MotoGP, frekuensi penerbangan akan ditambah dengan rute Jakarta, Surabaya, Bali, dan Makassar.

Baca juga:

Jokowi Ingin MotoGP Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Jelang MotoGP, Jokowi Cek Fasilitas Penyelenggaraan

Editor: Fadli Gaper

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Membuat Minyak Goreng di Satu Harga