covid-19

Maksimalkan Perawatan Pasien Covid-19, Gubernur Jateng Minta Pemda Tambah Ruang ICU

"Saya minta tolong dicek semua apa benar angka ini? Tempat tidur ICU banyak tapi yang diperuntukkan untuk covid-19 cuma 1,"

NASIONAL | RAGAM

Selasa, 12 Jan 2021 15:07 WIB

Author

Anindya Putri

Maksimalkan Perawatan Pasien Covid-19, Gubernur Jateng Minta Pemda Tambah Ruang ICU

Ilustrasi: Petugas menggunakan APD di ruang pasien positif COVID-19 Rumah Sakit Mitra Siaga, Kabupaten Tegal, Jateng, Jumat (8/1). (Antara/Oky Lukmansyah)

KBR, Semarang-  Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta Kabupaten/Kota   menambah kapasitas  untuk perawatan pasien covid-19. Ia mengungkapkan, penambahan ruang ICU di rumah sakit Jateng dilakukan untuk memaksimalkan perawatan bagi pasien covid-19

"Saya minta setiap Kabupaten setidaknya yang disiapkan untuk tempat tidur di ICU minimal 15. Ini masih ada beberapa daerah yang ketersediannya tempat tidur masih kurang 15. Seperti Banjarnegara ada 8, di Batang malah ada cuma 1. Maka nanti kita akan melakukan checking. Saya minta tolong dicek semua apa benar angka ini? Tempat tidur ICU banyak tapi yang diperuntukkan untuk covid-19 cuma 1," Ungkap Ganjar di Semarang, Selasa (12/01/21).

Menurut Ganjar, meski   rumah sakit di Jateng telah memiliki ruang rawat instensif, namun  yang digunakan untuk perawatan pasien covid-19 masih minim dan belum maksimal.

"Memang setiap rumah sakit itu sudah ruang ICU tapi itu belum maksimal," Katanya.

Ia merinci, terdapat 18 daerah Kabupaten/kota di Jateng yang belum memaksimalkan ruang ICU. Kata dia,  yang masih kurang  yakni Kabupaten Blora 4, Boyolali 6, Demak 7,Grobogan 6, Jepara 2. Karanganyar 4, Kendal 4, Kota Pekalongan dan Kota Salatiga 7.

Selain itu, Magelang 12, Pati 13, Pekalongan 6, Purbalingga 4,Purworejo 4, Sragen 9, Kabupaten Tegal 14, Temanggung 9, Wonogiri 8, dan Wonosobo 7.

"Tolong pemda untuk betul betul perhatikan agar menambah kapasitas tempat perawatan covid-19," Pungkasnya.



Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Toilet Sehat untuk Semua, Sudahkah Terpenuhi?