BERITA

Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182, Tim DVI Identifikasi 1 Korban Bernama Okky

""Setelah kami cek dalam daftar manifes, nama Okky Bisma itu juga ada pada daftar manifes nomor empat,""

Wahyu Setiawan

Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182, Tim DVI Identifikasi 1 Korban  Bernama Okky
Petugas membawa kantong jenazah korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182, Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Senin (11/1). (Antara/Wahyu Putro)

KBR, Jakarta- Satu korban penumpang pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh Sabtu (09/01) lalu, telah teridentifikasi. Korban bernama Okky Bisma, yang merupakan kru pesawat atau flight attendant.

Kapus Inafis Polri Hudi Suryanto mengatakan, korban teridentifikasi oleh tim Disaster Victim Identification (DVI) di Rumah Sakit Kramat Jati Polri, Jakarta. Proses identifikasi dilakukan melalui pencocokan sidik jari.

"Yang kami peroleh ada berupa body part tangan kanan yang lengkap dengan jarinya masih bagus. Sehingga itu memudahkan kami. Jadi ketika sidik jari itu ditempelkan di alat ini, ini akan langsung terhubung dengan database yang ada di Dukcapil dan akan memunculkan kandidat. Kandidat-kandidat inilah yang kemudian kami teliti satu per satu. Ternyata, setelah kami cek dalam daftar manifes, nama Okky Bisma itu juga ada pada daftar manifes nomor empat," kata Hudi dalam konferensi pers di RS Kramat Jati Polri, Senin (11/1/2021) sore.

Kapus Inafis Polri Hudi Suryanto menjelaskan, tim dari DVI mencocokan sidik jari korban dengan data KTP elektronik yang diperoleh dari pihak keluarga. Data ini merupakan bagian dari data antemortem.

Dari proses identifikasi, ditemukan 12 titik kesamaan antara korban dengan identitas dari keluarga. Menurut Hudi, kesamaan ini sudah cukup untuk memastikan bahwa identifikasi ini benar.

Hudi memastikan proses identifikasi dijalankan sesuai kaidah internasional.

"Ini sudah sangat internasional kaidah ini. Sehingga bisa diyakini dan tidak terbantahkan bahwa data ini adalah data orang yang sama," ujarnya.

Pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ-182 jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Sabtu sore. Pesawat rute Jakarta-Pontianak itu jatuh usai beberapa menit lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta. Pesawat itu membawa 62 penumpang, 12 di antaranya merupakan kru pesawat.

Editor: Rony Sitanggang

  • pesawat sriwijaya
  • Hilang Kontak
  • Menhub
  • Budi Karya Sumadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!