NASIONAL

Walkot Tangsel Airin Rachmi Diani Bisa Terjerat Kasus TPPU Sang Suami

"KBR68H, Jakarta - LSM Anti Korupsi ICW menilai Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diani bisa terseret dalam kasus tindak pidana pencucian uang suaminya, Tubagus Chairi Wardhana alias Wawan."

Ade Irmansyah

Walkot Tangsel Airin Rachmi Diani Bisa Terjerat Kasus TPPU Sang Suami
tangerang selatan, airin, korupsi

KBR68H, Jakarta - LSM Anti Korupsi ICW menilai Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diani bisa terseret dalam kasus tindak pidana pencucian uang suaminya, Tubagus Chairi Wardhana alias Wawan.


Ketua Divisi Investigasi ICW Tama Satrya Langkun mengatakan, hal itu karena Airin kemungkinan mengetahui atau bahkan ikut menikmati harta hasil TPPU suaminya. Meskipun demikian kata dia, kemungkinan Airin tidak terlibat juga masih ada.


"Nah sejauh ini kan yang kita lihat ada beberapa perkara yang terus mendera. Kita tentunya juga harus melihat perkaranya hari ini yang baru terlihat adalah kasus perkara suapnya. Apakah kemudian kasus-kasus yang lainnya menjadi pasal-pasal yang disangka kan kepada Wawan, atau menjadi dugaan-dugaan tindak pidana korupsi atau tindak pidana pencucian uang. Nah ini yang masih kita tunggu. Tapi secara prinsip siapapun pihak yang kemudian diduga ikut menikmati atau juga diduga secara aktif mengikuti dan menjadi fasilitator katakanlah demikian. Nah itu yang kemudian bisa dijerat di dalam tindak pidana pencucian uang," ujarnya kepada KBR68H, Rabu (29/1).


Ketua Divisi Investigasi ICW Tama Satrya Langkun. Sebelumnya KPK telah menyita 17 mobil milik Tubagus Chaeri Wardana pada Senin lalu. Empat mobil mewah milik Wawan ditemukan di sebuah showroom di kawasan Tanah Abang. 


KPK mengatakan, mobil-mobil mewah itu masih dalam proses leasing dan belum lunas, sehingga Wawan mengembalikannya ke showroom sebagai jaminan. KPK juga mencegah pemilik showroom Ali Muhammad alias Ali Idung bepergian ke luar negeri. Ali Muhammad adalah sahabat Wawan.


Editor: Pebriansyah Ariefana

  • tangerang selatan
  • airin
  • korupsi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!