NASIONAL

Penderita Kusta Dapat Obat Gratis

"Kementerian Kesehatan menyediakan obat gratis untuk penderita kusta. Ini dimaksudkan untuk mendukung upaya pemerintah yang menargetkan menurunkan angka penderita kusta."

Bambang Hari

Penderita Kusta Dapat Obat Gratis
agung laksono, kusta, jaminan kesehatan nasional

KBR68H, Jakarta - Kementerian Kesehatan menyediakan obat gratis untuk penderita kusta. Ini dimaksudkan untuk mendukung upaya pemerintah yang menargetkan menurunkan angka penderita kusta. 


Direktur Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Slamet Basir menjelaskan, obat ini nantinya bisa diambil di puskesmas.


"Obatnya disediakan oleh Pemerintah. Ini merupakan bantuan dari WHO (Organisasi PBB yang menangani kesehatan-red). Dan itu didapatkan gratis di puskesmas. Tetapi lebih dari itu sebenarnya. Kami ingin menegaskan bahwa kusta bisa dicegah, dan bisa disembuhkan kalau memang sudah menderita," jelas Slamet dalam Program Sarapan Pagi KBR68H.


Pemerintah telah menargetkan untuk menekan angka penderita kusta dengan jumlah kurang dari satu orang per 10 ribu penduduk dalam suatu wilayah pada 2020 mendatang. Meski secara nasional penyakit kusta di Indonesia sudah mengalami penurunan. Namun, sebanyak 13 provinsi masih tinggi jumlah pengidapnya.


Editor: Antonius Eko 

  • agung laksono
  • kusta
  • jaminan kesehatan nasional

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!