NASIONAL

Kapolri: Polisi Siap Amankan Pemilu 2014

"Kepala Kepolisian Indonesia, Sutarman mengatakan institusinya telah memetakan daerah rawan konflik jelang pemilu. Kata dia, anggota Korps Bhayangkara sudah dilatih untuk menghadapi segala situasi di tiap daerah tersebut. Kepolisian sudah siap mengamankan"

Ninik Yuniati

Kapolri: Polisi Siap Amankan Pemilu 2014
Kapolri Sutarman, Pemilu 2014

KBR68H Jakarta - Kepala Kepolisian Indonesia, Sutarman mengatakan institusinya telah memetakan daerah rawan konflik jelang pemilu.

Kata dia, anggota Korps Bhayangkara sudah dilatih untuk menghadapi segala situasi di tiap daerah tersebut. Kepolisian sudah siap mengamankan penyelenggaraan pemilu.

"Seluruh tahapan-tahapan itu kita sudah petakan kerawanannya, dan seluruhnya sudah disiapkan petugas-petugas pengamanannya dan sudah dilatihkan sampai dengan saya mintakan latihan ulang-latihan ulang. Sekaligus nanti sampai dengan latihan kontijensi. Apabila terjadi kontijensi, kita sudah siap mengamankan," kata Sutarman di Gedung Mabes Polri, (27/1).

Sebelumnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merilis peta potensi kerawanan kecurangan pemilu. Bawaslu membaginya menjadi empat kategori potensi kerawanan kecurangan pemilu, yaitu pendaftaran, pemutakhiran daftar pemilih, pengadaan logistik, kampanye dan pemungutan serta penghitungan suara.

Dalam kerawanan penyelenggaran tahapan logistik pemilu, Bawaslu mencatat mencatat 155 kabupaten/kota sangat rawan pelanggaran. Daerah itu di antaranya, Jember, Malang, Jayapura, Mimika dan Nabire.

Editor: Anto Sidharta

  • Kapolri Sutarman
  • Pemilu 2014

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!