NASIONAL

Cegah Pengungsi Banjir Terkena Penyakit, Pemerintah Harus Gerak Cepat

"KBR68H, Jakarta - Partai Golkar mendesak pemerintah pusat untuk bergerak cepat dalam mengantisipasi berbagai penyakit pasca bencana banjir yang terjadi di hampir seluruh Indonesia."

Doddy Rosadi

Cegah Pengungsi Banjir Terkena Penyakit, Pemerintah Harus Gerak Cepat
pengungsi, banjir, penyakit

KBR68H, Jakarta - Partai Golkar mendesak pemerintah pusat untuk bergerak cepat dalam mengantisipasi berbagai penyakit pasca bencana banjir yang terjadi di hampir seluruh Indonesia. Hingga saat ini, masyarakat yang mengungsi di berbagai lokasi pengungsian telah berada di pengungsian sekitar 1 minggu.

“Kami mendesak agar pemerintah bergerak cepat dan tanggap terhadap situasi bencana yang terjadi hampir merata ini, sehingga tidak semakin menambah beban masyarakat. Khususnya dalam mengatasi berbagai penyakit pacsa bencana,” kata Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Nurul Arifin dalam keterangan pers yang diterima KBR68H, Rabu (22/1).

Nurul yang juga Wakil Sekjen DPP Partai Golkar mengatakan, pembagian antara status bencana nasional dan bukan nasional sudah ada prasyaratnya. Sehingga tidak setiap bencana menjadi beban pusat. Namun, apapun statusnya, harusnya pemerintah pusat dan pemerintah daerah melaksanakan tugas dengan optimal.

“Baik pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah yang terkait dengan status bencana itu, hendaknya melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan optimal dan sebagaimana mestinya,” jelas dia.

Menurut dia, bencana yang terjadi saat ini di Indonesia, terjadi hampir secara serentak. Misalnya saja, banjir bandang di Manado, banjir di Jakarta, Bekasi, jalur Pantura, Tegal, Pasar Johar Semarang, dan banjir di beberapa daerah lainnya. Sementara itu, erupsi Gunung Sinabung di Sumatera Utara yang sudah terjadi sekitar 4 bulan. Seluruh lokasi bencana itu masih menampung ribuan pengungsi.

“Dan jika curah hujan masih tetap tinggi, dan erupsi Sinabung masih terus berlanjut, maka bisa dipastikan jumlah pengungsi akan terus bertambah. Karena itu, antisipasi terhadap penderitaan susulan masyarakat, harus segera diwujudkan. Jangan sampai para pengungsi terjangkit penyakit lebih dulu, baru pemerintah bersikap dan menyatakan prihatin,” tandas dia.


  • pengungsi
  • banjir
  • penyakit

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!