DARI POJOK MENTENG

[Advertorial] Peringatan Hari AIDS, Ditjen PAS Serukan Pentingnya Penanganan HIV-AIDS

"Program dan layanan pencegahan HIV telah dibentuk di lapas dan rutan, termasuk di dalamnya program penyuluhan, layanan skrining HIV dan tes bagi semua tahanan dan narapidana baru."

Paul M Nuh

[Advertorial] Peringatan Hari AIDS, Ditjen PAS Serukan Pentingnya Penanganan HIV-AIDS

KBR, Jakarta- Peringati Hari AIDS Sedunia, Direktorat Jenderal  Pemasyarakatan serukan pentingnya penanganan HIV-AIDS di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan). Acara diselenggarakan di LAPAS Khusus Narkotika Kelas II A, Jakarta, Senin (17/12/2018).


Keberadaan Warga Binaan Pemasyarakatan dengan latar belakang kasus penyalahgunaan narkotika memberikan pemahanan umum bahwa Lapas dan Rutan dianggap sebagai salah satu tempat yang berisiko tinggi terjadinya penularan HIV.


Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami menyampaikan bahwa penanggulangan HIV-AIDS bagi tahanan dan waga binaan pemasyarakatan di lapas dan rutan terus diupayakan Ditjen Pemasyarakatan.


"Sejak tahun 2003, Ditjenpas bekeria sama dengan berbagai instansi terkait seperti Kementerian Kesehatan, UNODC, PKNI dan beberapa lembaga swadaya masyarakat lainnya melakukan penanggulangan di beberapa lapas dan rutan," tutur Utami.


Hingga saat ini tahanan dan wbp penderita HIV yang ditangani oleh lapas dan rutan berjumlah 1.042 orang. Jumlah tersebut tentunya perlu menjadi perhatian semua untuk menyadari pentingnya penanganan HIV-AIDS di lapas/rutan.


Menteri Kesehatan, Nila Moeloek, mengatakan bahwa Peringatan Hari AIDS Sedunia tahun ini mengusung tema SAYA BERANI, SAYA HEBAT!


“Tema ini dapat dipilih sebagai bagian dari pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam pencegahan dan pengendalian HIV-AIDS dengan pendekatan deteksi dan pengobatan segera atau early detection and prompt treatment," kata Nila.


Nila mengajak jajaran pemasyarakatan untuk semakin memperluas layanan HIV-AIDS di lapas dan rutan, dengan harapan penularan dapat ditekan serendah mungkin dan para wbp serta tahanan yang positif HIV dapat segera diobati.


Senada dengan Nila, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly juga mengajak seluruh lapisan masyarakat di tanah air untuk berperilaku hidup sehat demi mencegah dan mengendalikan penularan HIV di Indonesia.


Program dan layanan pencegahan HIV telah dibentuk di lapas dan rutan, termasuk di dalamnya program penyuluhan, layanan skrining HIV dan tes bagi semua tahanan dan narapidana baru, rujukan antiretroviral therapy (ART), program komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) HIV-AIDS, konseling, kelompok dukungan sebaya dan program peningkatan kapasitas petugas.


“Saat ini telah disusun Rencana Aksi Nasional tentang Pengendalian HIV-AIDS di UPT Pemasyarakatan yang memprioritaskan pencegahan dalam program Pengendalian HIV-AIDS. Implementasinya dilakukan melalui berbagia kegiatan dalam ruang lingkup pelaksanaan teknis pembinaan bagi WBP,” ucap Yasonna saat memberikan sambutan Hari AIDS Sedunia di Lapas Narkotika Jakarta.


Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan atas upaya Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dalam mendukung program penanggulangan HIV/AIDS pada rumah tahanan dan lembaga pemasyarakatan di seluruh Indonesia.


Dalam kegiatan tersebut akan dilakukan penandatanganan MOU antara Kanwil DKI Jakarta dengan Yayasan Tenas Indonesia tentang Program Penguatan Pencegahan HIV/AIDS, rehabilitasi, paska rehabilitasi narkotika berbasis pelatihan dan kewirausahaan bagi tahanan dan WBP pada lapas, rutam dan bapas wilayah kerja DKI Jakarta.


Warga binaan pemasyarakatan dari sejumlah unit pelaksana teknis pemasyarakatan juga turut menghibur pada tamu yang hadir di kegiatan peringatan hari AIDS Sedunia ini, di antaranya persembahan Tarian Kemilau Nusantara dari warga binaaan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Jakarta, hiburan grup musik dari Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Jakarta dan hiburan musik keroncong dari warga binaan Lapas Cikarang, serta drama musikal persembahan dari warga binaan Lapas Narkotika Jakarta.



 

 

  • kemenkumham

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!