INTERNASIONAL

Malaysia Tangkap Perekrut ISIS

"Kepolisian Malaysia menangkap tiga tokoh perekrut anggota Negara Islam atau ISIS. Mereka ditangkap bersamaan dengan penangkapan terhadap 11 orang lainnya di Shah Alam."

Nanda Hidayat

Malaysia Tangkap Perekrut ISIS
isis, irak

KBR - Kepolisian Malaysia menangkap tiga tokoh perekrut anggota Negara Islam atau ISIS. Mereka ditangkap bersamaan dengan penangkapan terhadap 11 orang lainnya di Shah Alam. 


Situs BBC menulis, ketiga tokoh perekrut ISIS itu merupakan warga Malaysia. Mereka menggunakan jejaring sosial Facebook untuk memikat kaum muda dan mendanai mereka ke Suriah guna bergabung dengan ISIS.


Salah satu dari ketiga tokoh perekrut ialah seorang asisten direktur di Kementerian Energi, Teknologi Hijau, dan Air Malaysia. Tugasnya ialah mendanai para anggota baru ke Suriah. Dia ditengarai terkait dengan milisi Abu Sayyaf di Filipina. 


Sejak April tahun ini, Malaysia telah menangkap 36 orang karena dicurigai terkait dengan ISIS. Para pejabat meyakini setidaknya 30 orang Malaysia sudah bergabung dengan kelompok milisi tersebut dan berada di Suriah serta Irak.


Editor: Antonius Eko 

  • isis
  • irak

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!