INTERNASIONAL

Presiden Iran Ajak Pengikut Yahudi ke Sidang PBB

"KBR68H- Presiden Iran, Hassan Rouhani mengajak satu-satunya anggota Parlemen Yahudi ke New York, Amerika Serikat untuk menghadiri Sidang Umum PBB."

Suryawijayanti

Presiden Iran Ajak Pengikut Yahudi ke Sidang PBB
Iran, Hassan Rouhani, sidang PBB, yahudi

KBR68H- Presiden Iran, Hassan Rouhani mengajak satu-satunya anggota Parlemen Yahudi ke New York, Amerika Serikat untuk menghadiri Sidang Umum PBB. Siamak Moreh Sedgh, yang mewakili komunitas Yahudi di parlemen Iran akan mencoba membantu Rouhani mengubah citra republik Islam di panggung internasional.  Selama delapan tahun di bawah kepemimpinan Mahmoud Ahmadinejad, Iran selalu mengeluarkan pernyataan kontroversial tentang Holocaust .

Langkah ini dilakukan setelah Rouhani berjanji meningkatkan hak-hak sipil bagi minoritas Iran dan memberikan peran yang lebih besar bagi mereka di pemerintahan ketika ia disumpah menjadi Presiden, Agustus lalu. Bahkan Rouhani sebelumnya memberikan ucapan Tahun Baru Yahudi. Langkah ini juga diikuti Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif.

"Pengikut Yahudi adalah minoritas yang diakui di Iran dan memiliki perwakilan yang aktif di parlemen.Kami tidak pernah melawan orang-orang Yahudi. Kami menentang Zionis yang adalah kelompok kecil,"kata Zarif.

Iran diyakini memiliki populasi Yahudi terbesar di Timur Tengah setelah Israel. Populasi Yahudi di negara itu menurun setelah revolusi Islam karena banyak anggotanya pindah ke Israel atau negara-negara lain di seluruh dunia.(Guardian)

  • Iran
  • Hassan Rouhani
  • sidang PBB
  • yahudi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!