INTERNASIONAL

Hassan Rouhani: Iran Bisa Rangkul AS untuk Hadapi Pejuang Sunni

"KBR - Iran mempertimbangkan kemungkinan bekerjasama dengan Amerika Serikat dalam memerangi pejuang Sunni di Irak, jika Washington bertindak melawan mereka."

Sindhu Darmawan

Hassan Rouhani: Iran Bisa Rangkul AS untuk Hadapi Pejuang Sunni
Iran, Rouhani, Sunni, USA

KBR - Iran mempertimbangkan kemungkinan untuk bekerjasama dengan Amerika Serikat dalam memerangi pejuang Sunni di Irak. Kerjasama bisa dilakukan jika Washington ikut bertindak melawan mereka. Pernyataan itu disampaikan Presiden Iran Hassan Rouhani saat konferensi pers kepada wartawan, Sabtu. Pernyataan itu disampaikan Rouhani menanggapi pertanyaan soal kemungkinan kedua negara tersebut bersatu jika kepentingan bersama dalam memerangi terorisme dilakukan.

Amerika adalah musuh tradisional Iran. Keduanya sudah lebih dari tiga dekade tidak memiliki hubungan diplomatik. Kata Rouhani, jika melihat Amerika mengambil tindakan terhadap kelompok teroris di Irak, maka Iran dapat berpikir tentang kemungkinan itu. Kedua negara itu menjanjikan dukungan bagi pemrintahan Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki dalam memerangi pejuang dari Negara Islam Irak dan Levant (ISIL). The Straits Times

Editor: Irvan Imamsyah

  • Iran
  • Rouhani
  • Sunni
  • USA

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!