INTERNASIONAL

PBB: Penjahat Perang Suriah Harus Dihukum

"Komisi Perserikatan Bangsa-bangsa PBB menyatakan orang-orang yang terlibat perang sipil di Suriah, baik pembela pemerintah Suriah atau pemberontak sudah melakukan kejahatan perang dan harus dihukum."

Agus Lukman

PBB: Penjahat Perang Suriah Harus Dihukum
PBB, Penjahat Perang Suriah

KBR68H - Komisi Perserikatan Bangsa-bangsa PBB menyatakan orang-orang yang terlibat perang sipil di Suriah, baik pembela pemerintah Suriah atau pemberontak sudah melakukan kejahatan perang dan harus dihukum.

Pernyataan itu dikeluarkan Komisi Khusus PBB untuk Penyelidikan Perang Suriah. Dalam laporan itu disebutkan perang sipil di Suriah yang terjadi sejak Maret 2011 sudah menewaskan lebih dari 70 ribu orang. Komisi PBB menyatakan dua belah pihak yang bertikai sama-sama bertindak brutal. Militer dan milisi pendukung rezim Presiden Bashar Al Asad dianggap telah melakukan tindakan kejahatan kemanusiaan seperti pembunuhan, penyiksaan dan pemerkosaan.

Hal yang sama juga dilakukan kelompok lawan dari pihak pemberontak. Menurut Komisi PBB, dua pihak yang berperang juga melibatkan anak-anak untuk berperang. Laporan PBB itu menyebutkan banyak anak usia di bawah 15 terlibat angkat senjata. Anggota Komisi PBB mengkritik negara-negara super power yang tidak berbuat apa-apa untuk menghentikan perang saudara di Suriah. (AP)

  • PBB
  • Penjahat Perang Suriah

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!