INTERNASIONAL

NATO Bantu Anggaran Militer Afghanistan

"Pakta Pertahanan Atlantik Utara NATO mempertimbangkan secara serius untuk melanjutkan pemberian dana bantuan untuk memperkuat pasukan Afghanistan. Penguatan militer Afghanistan akan dilanjutkan hingga lima tahun ke depan."

Agus Lukman

NATO Bantu Anggaran Militer Afghanistan
nato, afghanistan

KBR68H - Pakta Pertahanan Atlantik Utara NATO mempertimbangkan secara serius untuk melanjutkan pemberian dana bantuan untuk memperkuat pasukan Afghanistan. Penguatan militer Afghanistan akan dilanjutkan hingga lima tahun ke depan.

Langkah ini merupakan bagian dari proses pelepasan pasukan Amerika Serikat dan sekutunya dari Afghanistan pada 2014. Amerika dan sekutunya yang tergabung dalam NATO ingin meyakinkan bahwa mereka tidak akan meninggalkan Afghanistan begitu saja.

Sekjen NATO Fogh Rasmussen mengatakan Afghanistan tidak akan mampu menangani sendiri anggaran untuk membiayai 350 ribu pasukan sehingga tanggung jawab itu ditanggung bersama komunitas internasional. Biaya yang dibutuhkan untuk membiayai tentara sebanyak itu mencapai 6,5 milyar dolar Amerika atau sekitar Rp63 triliun rupiah per tahun. (AP)


  • nato
  • afghanistan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!