INTERNASIONAL

Calon Kepala CIA: Amerika Masih Berperang Melawan Al Qaida

"KBR68H, Washington - Pilihan Presiden Barack Obama untuk mengepalai CIA, John Brennan, mengatakan Amerika sudah punya proses "

Nurviana Mubtadi

Calon Kepala CIA: Amerika Masih Berperang Melawan Al Qaida
CIA, Al qaeda

KBR68H, Washington - Pilihan Presiden Barack Obama untuk mengepalai CIA, John Brennan, mengatakan Amerika sudah punya proses “sangat ketat” bila diambil keputusan untuk menggunakan kekuatan mematikan terhadap teroris.

Brennan memberitahu Komite Intelijen di Senat bahwa Presiden Obama menegaskan bahwa setiap tindakan dalam menggunakan kekuatan mematikan harus didukung oleh UU, laporan intelijen dan kajian yang seksama.

Dalam sidang konfirmasinya hari Kamis, Brennan mengatakan Amerika masih berperang dengan al-Qaida dan bahwa teroris hendak melancarkan serangan mematikan terhadap Amerika dan para sekutunya. Ia mengatakan perlawanan terhadap al-Qaida telah melibatkan penggunaan kekuatan mematikan diluar Afghanistan.

Sidang konfirmasi itu sempat ditangguhkan sebentar setelah sejumlah demonstran yang mengecam serangan pesawat tanpa awak menginterupsi jalannya sidang beberapa kali.

Dalam tanggapan tertulis kepada komite itu, Brennan mengatakan serangan pesawat tanpa awak “dilakukan mematuhi sepenuhnya UU” dan dilakukan guna mencegah serangan teroris terhadap Amerika dan menyelamatkan jiwa orang Amerika. Ia mengatakan tidak perlu ada UU baru untuk mengatur serangan semacam itu.

Brennan adalah pendukung kuat kebijakan pemerintahan Obama yang mengijinkan serangan pesawat tanpa awak terhadap warga Amerika yang diduga terlibat dalam terorisme diluar negeri. Ia menghadapi banyak pertanyaan berat baik dari Partai Demokrat maupun Republik.

Panel Senat itu hari Rabu mendapat akses ke dokumen-dokumen rahasia yang membenarkan serangan pesawat tanpa awak. Brennan dipastikan akan dikonfirmasi meskipun dengan adanya kontroversi tersebut. (VOA)

  • CIA
  • Al qaeda

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!