Bagikan:

Tips Antibokek Usai Liburan Nataru

Kiat mengatur keuangan, biar bisa liburan tanpa bayang-bayang kantong kering dibahas asik di podcast What's Trending

INTERMEZZO | RAGAM

Senin, 26 Des 2022 15:45 WIB

Author

Lea Citra

Podcast Whats Trending

Podcast Whats Trending

KBR, Jakarta- Libur Natal dan Tahun Baru 2023 sudah dimulai. Tren peningkatan laju mobilitas dan berwisata pun tercatat di berbagai daerah, semisal objek wisata Batu Benawa di Kalimantan Timur dan kawasan Lembang di Jawa Barat. Sementara, tempat wisata di ibu kota seperti Ancol, Ragunan dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga gak kalah padat.

Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kementerian Perhubungan, potensi pergerakan pada Nataru tahun ini yaitu 16,35 persen dari jumlah penduduk Indonesia, atau sekitar 44,17 juta orang. Puncak arus mudik masa libur tahun baru diprediksi terjadi pada 30-31 Desember 2022 dan puncak arus balik tahun baru diprediksi terjadi pada 1-2 Januari 2023.

Adapun prediksi daerah tujuan terbanyak, yaitu ke Jawa Tengah 19,7 persen, diikuti Jawa Timur 17,5 persen, Jawa Barat 14,6 persen, Jabodetabek 10,5 persen dan Yogyakarta 8,2 persen.

Baca juga:

Kiat Hadapi Resesi 2023 Buat yang Pas-pasan

Suharso Soal Stok Beras: Datanya Enggak Ada yang Sama

ANCANG-ANCANG UMKM HADAPI BADAI RESESI

Untuk kalian yang sedang liburan, penting banget nih mengatur keuangan. Kenapa sih mengatur keuangan itu penting? Berdasarkan laman dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan RI, sering kali seseorang mendapati dirinya sudah kehabisan uang, tanpa sadar kemana saja pengeluaran tersebut digunakan.

Mengatur keuangan bisa dimulai dari manajemen gaya hidup kita. Keputusan untuk mengatur keuangan membutuhkan komitmen dan konsistensi pada diri sendiri. Apapun metodenya, tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan prioritas.

Untuk menjawab kondisi keuangan yang baik, kita disarankan menjawab 4 pertanyaan berikut:

  • Berapa banyak uang yang kamu miliki?
  • Berapa jumlah uang yang ingin kamu simpan?
  • Seberapa besar dana yang rutin kamu belanjakan?
  • Bagaimana kamu bisa meningkatkan uang yang kamu tabung?

Tapi nih mengelola keuangan nggak hanya berkutat pada urusan menabung saja. Ada juga pengaturan keuangan untuk rekreasi atau liburan. Menurut Financial Planner Metta Anggriani, jelang akhir tahun ada banyak godaan. Mulai dari diskon-diskon yang bertebaran hingga dorongan untuk berlibur, menghilangkan penat setelah lama bekerja.

Nah Metta mengatakan, penganggaran dana untuk liburan itu penting loh. Kenapa?

"Tapi memang keberadaan liburan ini sangat penting. Karena kan kembali lagi kita sebagai manusia kita punya kebutuhan-kebutuhan lain ya. Kebutuhan fisik juga, kebutuhan mental, di mana kita perlu istirahat, perlu refreshing. Sehingga kita bisa lebih sehat mental, punya ide-ide baru, kita juga bisa berpikir jernih. Jadi memang sangat dianjurkan juga, jika kita memang bisa menyisihkan sebagian dari penghasilan kita untuk dana liburan," ujar Metta.

Apa dong yang mesti kita lakukan buat mengatur keuangan kita saat liburan?

Financial Planner Metta Anggriani mengatakan prinsip dasar pengaturan keuangan untuk liburan, sama dengan prinsip perencanaan keuangan pada umumnya, yaitu tidak boleh besar pasak ketimbang tiang atau nggak boleh boros.

"Maka justru diakhir tahun ini, kita sebenarnya justru, harus sangat cermat gitu ya. Membelanjakan uang untuk keperluan di akhir tahun ini. Kalau tadi kita tidak boleh lebih besar pasak daripada tiang. Maka ya, kita seharusnya memastikan uangnya itu ada dulu nih buat dibelanjakan. Kalau memang ga ada, ya memang sebaiknya jangan dipaksakan untuk berutang gitu ya. Karena ini nanti akan menjadi beban di tahun depan. Jangan sampai kita memulai awal tahun dengan keuangan yang udah boncos," ungkap Metta.

Beberapa kiat yang diberikan Metta sebelum berlibur, yaitu:

1. Mempersiapkan liburan dari awal tahun.

Financial Planner Metta Anggriani menyarankan kamu untuk menabung atau merencanakan penganggaran dana liburan sejak awal tahun. Jadi kamu bisa melihat kemampuan keuanganmu, kira-kira berapa persen uang dari penghasilanmu yang bisa dialokasikan untuk dana liburan. Tapi inget ya, kebutuhan pokok atau kebutuhan yang lebih penting lainnya harus sudah terpenuhi.

2. Tentukan kamu mau liburan ke mana.

Selain menabung sejak jauh-jauh hari. Metta juga menyarankan kamu untuk menentukan destinasi wisata atau wilayah yang akan kamu jadikan tempat liburan. Jadi kalau kamu sudah menentukan tempat liburan, kamu bisa membuat estimasi biaya liburan. Nah jumlah estimasi itu bisa kamu sesuaikan dengan alokasi dana tiap bulannya dan waktu kamu menabung.

Mau tau tips lainnya? Yuk dengarkan podcast What's Trending di link berikut ini:

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10

Episode 3: Mengapa Bisa Terjadi Kekerasan Seksual di Pesantren?

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending