Bagikan:

Ikappi Desak Pemerintah Atasi Meroketnya Harga Pangan

"Itu jangka pendek harus disiasati, bagaimana ini supaya suplai ke pasar-pasar bisa terdistribusi secara merata. Kemudian bagaimana supaya pemerintah mampu menekan harga, bila pasokannya terpenuhi"

NASIONAL

Kamis, 23 Jun 2022 15:06 WIB

Ikappi Desak Pemerintah Atasi Meroketnya Harga Pangan

ilustrasi pedagang cabai. (Foto: Antara/Ampelsa)

KBR, Jakarta - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) mendesak pemerintah segera mengatasi persoalan harga pangan yang terus meroket di pasaran.

Menurut Sekretaris Jenderal Ikappi, Reynaldi Sarijowan, lonjakan harga pangan yang terjadi di tanah air merupakan imbas dari tidak seimbangnya pasokan dan permintaan.

"Ini karena anomali, permintaan tidak tinggi menjelang Iduladha tapi harganya sudah bergejolak di beberapa komoditas. Itu jangka pendek harus disiasati, bagaimana ini supaya suplai ke pasar-pasar bisa terdistribusi secara merata. Kemudian bagaimana supaya pemerintah mampu menekan harga, bila pasokannya terpenuhi di pasar. Saya kira pelan-pelan akan terjadi penurunan karena ini masalah supply dan demand saja," ujar Reynaldi saat dihubungi KBR di Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Reynaldi menyebut, lonjakan harga beberapa komoditas dan minimnya stok di pasaran, membuktikan kerja Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan tidak berjalan dan terkoneksi dengan baik.

"Komoditas yang terpantau naik per detik ini, itu ada cabai merah keriting sudah sampai Rp90 ribu per kilogram, kemudian cabai rawit merah kisaran Rp120 ribu per kilogram. Bawang merah masih bertahan di Rp60 ribu per kilogram, ayam broiler di kisaran Rp41 ribuan dan telur ayam masih fluktuasi di Rp29 ribu per kilogram," jelas dia.

Berita terkait: Naik Drastis, Harga Cabai di Banyuwangi Tembus Rp90 Ribu per Kilogram

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional tercatat harga rata-rata bawang merah berukuran sedang di Jakarta pada Kamis, 23 Juni 2022 mencapai Rp60.850 per kilogram.

Sementara data PIHPS juga menunjukkan harga cabai rawit merah di DKI Jakarta hari ini berada di angka Rp118.350 per kilogram, lebih tinggi dari harga rata-rata nasional yaitu Rp92.250 per kilogram.

Editor: Kurniati Syahdan

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Haruskah Ikut Program Pengungkapan Sukarela?