RAGAM

Kolaborasi Shipper dan eFishery, Unicorn Akuakultur Pertama di Dunia!

eFishery berkolaborasi dengan Shipper guna meningkatkan efisiensi distribusi pakan dan benih di industri akuakultur di Indonesia. Cek selengkapnya disini!

AUTHOR / Iqbal Rizqy Ramadhan

Kolaborasi Shipper dan eFishery, Unicorn Akuakultur Pertama di Dunia!
Ilustrasi. (Foto: Shipper)

KBR, Jakarta – eFishery, sebuah perusahaan Aquaculture Intelligence terkemuka di Indonesia dan Shipper sebagai perusahaan supply chain & ecommerce enabler, berkolaborasi guna meningkatkan efisiensi distribusi pakan dan benih di industri akuakultur di Indonesia.

Kolaborasi ini bertujuan mendukung kinerja dan hasil produksi para pembudidaya ikan dan petambak udang di seluruh Indonesia, serta menciptakan ekosistem akuakultur yang terintegrasi dan berkelanjutan.

Sebelumnya, eFishery menghadapi tantangan yaitu manajemen stok pakan dan benih di gudang mereka dicek manual. Pengecekan manual seringkali menyebabkan kesalahan pencatatan data dan laporan hingga menghambat kegiatan operasional.

Untuk itu, eFishery menjalin kemitraan dengan Shipper yang menyediakan jasa dedicated warehouse yang dilengkapi dengan Warehouse Management System (WMS).

“Pengoperasian WMS oleh Shipper memungkinkan eFishery untuk meningkatkan manajemen inventaris dan mengoptimalkan operasional gudang. Alur barang dari masuk hingga keluar dapat diatur dengan lebih efisien, cepat dan akurat.” ujar Cita Rezkiani sebagai VP of Operations & Supply Chain Upstream eFishery.

“Hasilnya, eFishery telah mencapai tingkat ketepatan pengiriman (SLA) sebesar 90%, memberikan kepuasan bagi para pembudidaya dan pelanggan akhir,” tambahnya.

eFishery menawarkan platform end-to-end yang memberikan akses terhadap pakan, pendanaan, dan pasar bagi pembudidaya ikan dan petambak udang. Hal ini bertujuan mengatasi permasalahan pangan, masalah industri akuakultur dan ketimpangan sosial dan ekonomi ini.

“Dengan bantuan sistem WMS yang disediakan oleh Shipper, eFishery dapat meningkatkan pencatatan stok dan pengelolaan alur barang di gudang mereka. Distribusi pakan kepada pelanggan dapat dilakukan lebih cepat, sehingga membantu menghasilkan budidaya yang berkualitas dan profesional,” ujar Budi Handoko sebagai Chief Operating Officer (COO) Shipper.

“Kolaborasi antara eFishery dan Shipper diharapkan dapat secara konsisten memberi dampak positif bagi operasional gudang demi kepuasan pelanggan.” tambahnya.

Beberapa solusi unggulan yang dikembangkan oleh eFishery adalah eFeeder. e-Feeder merupakan alat otomatis untuk memberi pakan ikan dan udang. 

Ada juga platform online seperti eFarm dimana petambak udang dapat mengakses informasi lengkap mengenai operasional tambak mereka.

Selanjutnya adalah eFisheryku, yang memungkinkan pembudidaya untuk membeli berbagai keperluan budidaya dengan harga yang kompetitif.

Solusi unggulan lainnya adalah Kabayan (Kasih, Bayar Nanti), yang memungkinkan pembudidaya ikan dan petambak udang mendapatkan akses secara inklusif ke institusi finansial yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

eFishery berdiri sejak tahun 2013 dan telah merevolusi metode budidaya ikan dan udang tradisional dengan menyediakan solusi canggih dalam ekosistem akuakultur. eFishery juga telah menjadi mitra bagi lebih dari 200.000 pembudidaya ikan dan petambak udang di 280 kota atau kabupaten di Indonesia.

eFishery menjadi perusahaan startup ke-14 Indonesia yang berstatus unicorn pada 2023. 

Baca juga:

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!