RAGAM

Kini Layanan Kesehatan Semakin Berkualitas dan Mudah Diakses

Perkembangan teknologi membawa peningkatan signifikan dalam kualitas layanan kesehatan dan aksesibilitas lebih luas bagi masyarakat. Cek selengkapnya disini!

AUTHOR / Iqbal Rizqy Ramadhan

Kini Layanan Kesehatan Semakin Berkualitas dan Mudah Diakses
Waktu Indonesia Sehat Season 2: Kini Layanan Kesehatan Semakin Berkualitas dan Mudah Diakses.

KBR, Jakarta - Di tengah perkembangan teknologi dan upaya pemerintah dan sektor kesehatan swasta, kita menyaksikan peningkatan signifikan dalam kualitas layanan kesehatan serta aksesibilitas yang lebih luas bagi masyarakat.

Kualitas pelayanan dan sistem rujukan merupakan tantangan besar dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat. Sistem pelayanan kesehatan yang belum sepenuhnya berkesinambungan juga menjadi suatu faktor penyebab rendahnya status kesehatan masyarakat.

Indonesia sebagai negara kepulauan dengan jumlah penduduk yang besar sangat memerlukan sistem transportasi dan komunikasi, infrastruktur, fasilitasi pelayanan kesehatan, dan tenaga kesehatan yang memadai, berkualitas, dan accessible.

Sebagai pilar kedua dalam transformasi kesehatan Indonesia, transformasi layanan rujukan memiliki fokus untuk melakukan peningkatan dalam hal kualitas serta pemerataan layanan kesehatan di seluruh pelosok yang ada di Indonesia.

Lalu, apa saja inovasi dan inisiatif yang telah dikerjakan atau sedang dirancang untuk perubahan positif pada layanan kesehatan yang semakin berkualitas?

Menurut dr. Andi Saguni, MA - Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan menyampaikan terkait upaya konkret yang dilakukan untuk memastikan bahwa layanan kesehatan lebih terjangkau bagi masyarakat dengan pendapatan rendah.

Hingga saat ini program pemerintah melalui skema pembayaran Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI), Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), maupun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah menjadi langkah konkrit untuk memberikan perlindungan, pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Tidak terkecuali kepada masyarakat dengan pendapatan rendah. Dalam upaya mendekatkan akses dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, Salah satu program adalah pemindahan kepesertaan JKN, merupakan upaya untuk mendekatkan akses sehingga diharapkan dapat menekan pembiayaan transportasi masyarakat menuju fasilitas pelayanan kesehatan.

Selain itu, saat ini sedang dilakukan transformasi juga berikutnya kepada rumah sakit vertikal yaitu rumah sakit milik kementerian kesehatan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan aksesibilitas layanan kesehatan.

Selengkapnya perbincangan mengenai Kini Layanan Kesehatan Semakin Berkualitas dan Mudah Diakses bersama dr. Andi Saguni, MA bisa anda simak di Youtube KBR dan podcast KBR Prime.

Simak juga: Waktu Indonesia Sehat: Puskesmas dan Posyandu Sahabat Masyarakat - kbr.id

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!