NUSANTARA

Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban Naik Hampir 2 Kali Lipat

Menjelang Hari Raya Idul Adha, harga hewan kurban di Cilacap, Jawa Tengah naik hampir 2 kali lipat. Kenaikan paling tinggi terjadi pada harga kambing, yang mencapai Rp 2 juta lebih per ekornya.

AUTHOR / Budi Prabowo

Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban Naik Hampir 2 Kali Lipat
Idul Adha, Harga Hewan Kurban, Cilacap

KBR68H, Cilacap - Menjelang Hari Raya Idul Adha, harga hewan kurban di Cilacap, Jawa Tengah naik hampir 2 kali lipat.

Kenaikan paling tinggi terjadi pada harga kambing, yang mencapai Rp 2 juta lebih per ekornya.

Salah seorang pedagang Suroso mengatakan pada saat normal harga kambing hanya sekitar Rp 1 juta lebih. Selain kambing, harga sapi juga naik Rp 2 juta hingga Rp 3 Juta per ekor.

"Untuk harga hewan kurban khususnya kambing harganya sudah naik hampir 2 kali lipat. Kalau biasanya harga kambing hanya sekitar Rp 1,5 juta kini sudah Rp 2 juta lebih. Harga tersebut bisa semakin tinggi jika pembeli menitipkan dahulu ke pedagang hingga hari raya kurban tiba," kata Suroso ketika ditemui di lokasi berjualannya, Jumat (4/10)..

Suroso menambahkan selain harga yang naik, jumlah penjualan juga naik 2 kali lipat. Bahkan saat ini banyak pesanan dari luar daerah terpaksa ditolak karena minimnya jumlah kambing yang tersedia.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!